Penelitian Karir Via Internet

Jika Anda ingin mencari pekerjaan baru, web mungkin merupakan tempat terbaik untuk memulai. Saat ini, semakin banyak perusahaan yang mengiklankan lowongan mereka melalui situs web mereka ataupun agensi perekrut kerja online. Kelebihan lainnya adalah begitu banyak alat-alat manajemen karir tersedia online yang artinya berfungsi sebagai pusat kerja atau agen perekrutan, profiler dan penasihat karier.

Ada juga bukti bahwa internet adalah cara yang sangat sukses mendapatkan pekerjaan baru. Penelitian oleh National Online Recruitment Audience Survey (Noras) menunjukkan bahwa satu dari empat orang-orang yang telah mengajukan permohonan untuk pekerjaan yang mereka temukan online yang diperoleh sebagai hasil dari aplikasi tersebut. Enhance Media, konsultan independen yang mengkhususkan diri pada online perekrutan, memperkirakan bahwa satu dari enam pekerjaan baru dimulai dengan pencarian di internet.

Ada empat bidang utama di mana internet dapat membantu dengan karier Anda.

1. Internet sebagai alat penelitian

Memasukkan kata kunci ‘pekerjaan’ atau ‘nasihat karir’ ke dalam kolom pencarian Google / yahoo, maka jangan heran bila Anda mendapatkan hasil sebanyak 42 juta bahkan lebih halaman. Ini jelas menjadi bukti bahwa internet adalah sumber informasi yang sangat banyak jumlahnya. Persempit pencarian Anda dengan mendefinisikan pekerjaan yang Anda ingin lakukan, jenis perusahaan Anda ingin bekerja dan sektor mana Anda ingin bekerja, dan apakah Anda telah atau belum memiliki keterampilan yang sesuai.

Anda juga perlu fokus ketika datang ke situs yang Anda gunakan untuk pencarian Anda, karena ada empat jenis:

- Job boards: Situs rekruitmen online adalah titik awal yang baik karena mereka memberikan informasi yang bermanfaat tentang siapa yang merekrut dan memberikan perbandingan gaji. Banyak juga menawarkan saran umum tentang karir yang sangat baik dan peralatan lainnya seperti e-mail peringatan ketika pekerjaan yang cocok diposting.

- Situs layanan karir, menawarkan nasihat dalam bidang-bidang seperti wawancara dan perubahan karir, menyediakan akses gratis ke nasihat hukum dari seorang spesialis hukum ketenagakerjaan. menyediakan informasi pekerjaan serta layanan pengecekan perbandingan gaji.

- Website Perusahaan: Setelah anda berniat untuk menargetkan perusahaan-perusahaan tertentu, Anda bisa secara langsung mengakses situs perusahaan tersebut. Dengan memasukkan url kata kunci biasanya sangat membantu Anda menemukan situs tersebut. Anda mungkin terkejut setelah mencapai situs mereka, ada terdapat banyak informasi lengkap tentang perusahaan serta lowongan pekerjaan. Bahkan jika tidak ada posisi yang Anda inginkan, beberapa memungkinkan Anda untuk mendaftarkan minat Anda dalam bekerja untuk mereka.

- situs industri spesifik: Selain memiliki telinga seorang analis industri, mungkin tak ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan gambaran yang lebih rinci dan menemukan tren dan isu-isu yang mempengaruhi sektor tertentu. Situs industri tertentu juga membawa link ke badan-badan industri lain dan sejenisnya.

- Situs Informasi Umum: situs berita umum adalah sumber informasi yang baik ketika meneliti perusahaan-perusahaan tertentu yang telah menjadi berita utama. Bahan ini sangat baik Anda tahu sebagai salah satu bahan untuk interview ataupun isi dari lamaran Anda.

2. CVs and Lamaran

Pastikan CV Anda adalah up-to-date dan dibuat dalam format elektronik. Jika Anda sedang membuat dari awal, banyak situs yang berhubungan dengan karier menawarkan template, termasuk pekerjaan terkemuka papan atas. Hindari mengirim CV Anda secara massa melalui e-mail. Hal ini terlihat seperti Anda menjual diri secara murah. Kirim CV dan Lamaran secara kualitas dan bukan dalam bentuk kuantitas.

Jika Anda termasuk golongan orang yang berteknologi cerdas, Anda mungkin ingin untuk membangun website Anda sendiri (atau mendapatkan seseorang untuk melakukannya untuk anda) untuk menampilkan bakat Anda. Saat ini sangat banyak situs gratis online yang menyediakan web space cukup untuk membuat situs dan menawarkan alat untuk membantu membangun situs web Anda.

3. Self-assessment

Pergunakan sarana online untuk membantu dalam menentukan tipe kepribadian Anda, keterampilan dan jenis pekerjaan yang paling cocok untuk Anda – banyak di antaranya gratis. Mereka berkisar dari tes kepribadian IQ dan EQ, untuk penilaian canggih dan bahkan tes psikometri lengkap.

4. Jaringan Networking

Ada sejumlah komunitas forum Online ketenaga kerjaan yang dapat Anda memasuki. Dengan mendaftar ke satu atau lebih dari forum online di situs-situs tersebut. Seringkali di angkat permasalahan bertemakan Karir dan lowongan sebagai bahan diskusi mereka. Untuk selanjutnya Anda dapat mempelajari tentang seluk beluk pekerjaan dan juga karir.

Nasihat Pendek:
- Ketika menggunakan search di google / yahoo, mulailah pencarian Anda secara umum dan kemudian mempersempit bahan ke yang lebih spesifik.
- Kunjungi site sebanyak mungkin sebagai situs rekrutmen yang berbeda. Masing masing situs biasanya memiliki informasi yang berbeda pula.
- Browsinglah untuk meminta nasihat. Terlalu banyak situs masih menawarkan nasihat terlalu-sederhana, seperti ‘selalu memakai setelan jas untuk sebuah wawancara’, dan ‘sepatu disemir menciptakan kesan yang baik’. Jadi rajin rajinlah sampai Anda menemukan situs yang menawarkan inspirasi nyata.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 64 pengikut lainnya.