Standar Gaji PNS Rp5 Juta Tahun 2011

JAKARTA. Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selain kenaikan gaji berkala tiap tahun dan gaji ke-13, dua tahun lagi ada tambahan penghasilan berupa tunjangan kinerja.Pemerintah menargetkan pemberian tunjangan kinerja atau renumerasi bagi PNS, akan tuntas pada 2011. Itu berarti setiap PNS akan mendapatkan standar gaji Rp5 juta. Pemberian renumerasi ini sudah dilakukan sejak 2008.

"Dengan pemberian tunjangan kinerja, otomatis gaji yang diterima PNS akan naik di atas 100 persen. Namun, untuk mendapatkan itu dilakukan job analisis dan evaluasi bertahap. Sesuai petunjuk Presiden SBY, 2011 seluruh instansi sudah mendapatkan tunjangan kinerja ini," ungkap Deputi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Bidang SDM, Effendi Ramli Naibaho.

Dijelaskannya, dalam penentuan besaran tunjangan kinerja masing-masing pegawai, pemerintah menempuh beberapa langkah. Yaitu job analisis dan evaluasi guna mendapatkan persyaratan jabatan serta peningkatan jabatan. Setelah itu dilakukan penilaian personal untuk mencari SDM yang cocok dengan jabatan tersebut, kemudian diperingkat jabatannya.

"Setelah mendapatkan peringkat jabatan, langkah selanjutnya dibuat harga sebuah jabatan. Meski sama-sama pejabat eselon III, tapi tunjangan kinerja di BPK misalnya, lain dengan MA. Kalau sudah tuntas, diusulkan ke Menkeu untuk disesuaikan dengan keuangan negara. Bila terbatas anggarannya, diberikan bertahap," papar Ramli.

Kementrian PAN bersama departemen terkait lainnya yang masuk dalam tim reformasi birokrasi, saat ini sedang melakukan analisis terhadap instansi-instansi penerima renumerasi tahun depan. Antara lain kementrian PAN, Depkes, Departemen PU, Departemen Perdagangan, Departemen Perindustrian, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Kepolisian, TNI, Mahkamah Agung, Kejaksaan dan lainnya. (esy/jpnn)

Sumber : Sapos, 09/10/2009

About these ads

87 Tanggapan

  1. Pemberian tunjangan kesejahteraan PNS seperti remunerasi, tunjangan kinerja dll belum adil itu hanya berlaku diinstansi tertentu alias tidak semua PNS, bohong besar apabila ada orang yang menyangka semua PNS dapat tunjangan tersebut, karena kami selaku PNS di salah satu kecamatan dikabupaten ciamis tidak merasakan mendapat tunjangan tersebut.

  2. Tolong naikan semua gaji pegawai di Indonesia baik pns maupun non pns. Khusus petani dan para buruh cukup 10 jt/bln. Merdeka !!!

  3. saya kurang layak jika abdi negara disebutkaan untuk PNS dan MILITER/POLRI Petani kuli2,dan pekerja keras (buruh angkut pelabuhan,pertambangan)juga abdi negara.JADI HARGAILAH SESAMA MANUSIA DENGAN SEBUTAN YANG LAYAK DAN MENYENANGKAN semua pekerjaan itu mulia asalkan halal.

  4. jadi manusia harus bersyukur menjadi PNS itu lebih baik berapapun gajinya….lihatlah saudara kita masih banyak yang hidupnya miskin..jauh dari layak jika kita menuntut gaji naik terus apakah adil..sedangkan tugasnya tidak pernah berarti sekali…kapan negara maju kalau dipusingkan dengan gaji10 kasihan rakyat kelas bawah hidupnya merana sedangkan tiap tahun bayar pajak untuk mengaji para abdi negara lalu dimanakah kata abdi negara itu bagi rakyat …….?

  5. saya harap kenaikan gaji disesuaikan dengan kemajuan zaman

  6. Alah loe semua para pns, ngaca dong..kerja cuma keluyuran+ongkang2 kaki, makan duit rakyat+pelayanan masyarakat kagak ada aja pgn naek gaji! Instropeksi diri dulu lah!

  7. bo’ong mua@……

  8. tentang gaji berkala bukan tiap tahun lho tp 2 tahun sekali itupun kecil banget kenaikannya. klu menurut sy coba kenaikan gaji berkala itu dikasih naik persentasenya, agar publik tidak th dan harga barang gak ikutan naik. daripada gaji dikasih naik tiap th tp toh sm aja barang jg naiknya minta ampuuun…..

  9. boro2 5 juta separuhnya jg engga.yg ada istri dari pns non pemda,tiap bln hrs bener2 iket perut biar cukup smp sbulan. capedeh, bagaimana kerja mo profesional kl ddalam otak terlalu mikirin ekonomi keluarga yang dbilang cucup gak cukup yah hrs cukup.gtu deh!!!!!!

  10. ga percya…..

  11. ga percaya…

  12. Beneran ga sich ? Koq smpe skrg (Mei 2011) blm ada tnda2nya ? Yah, brHrap bnget Gaji sesuai dengan beban krja. Tpi klo ini bs di realisir, hrga bhn pokok tlong dikendalikn dong. Kalo tdk yaaa … buntutnya sama aja itung2annya ….. pas-pasan lgi bhkan minggu terakhir tiap bulan sdh mulai deh ngebon ke warung2 ttangga, he he he ……

  13. ya banyak 2 berdoa biar gaji cepet naik, biar ngk pusing lg, tapi qt hrs tetap bersyukur , msh banyak saudara2 qt yang mash dibwh qt

  14. jangan cuma pns yg disejahterakan gmana dengan tenaga honorer nya,klo dilihat dari kinerja bandingkan aja antara pns dan honorer,.

  15. tidak hanya pns naik gaji ,non pns juga penting untuk ditingkatkan pendapatannya agar rakyat lebih sejahtera

  16. tetep aja kinerja begitu-begitu aja..tetep money oriented…
    salam
    Skepat Lombok

  17. Ya moga2 aja terealisasi…… walau dalam penantian harap- harap cemas..

  18. Ya ……. moga2 aja dapat terealisasi …….. walau dalam penantian … harap – harap cemas

  19. janjimu palsu ah

  20. iya…rencananya MENPAN akan menyiarkan langsung di program acara “MIMPI KALI YE…”

  21. SANGAT PENTING GAJIPARA PNS NAIK, AGAR BISA BEKERJA LEBIH FOKUS
    TIDAK MEMECAH KONSENTRASI UNTUK MENCARI PENGASILAN TAMBAHAN,
    YAA, STANDARNYA AJA TINGKAT GOLONGAN UNTUK PARA PNS

  22. harus lah apalagi pns itu mempunyai sebuah ikatan kerja dengan dinas yang terkait.
    agar para pegawai pns jg bisa fokus kerjanya di semua lembaga atau elemen , tidak memikirkan gajinya yang tidak setandar /
    kalau gajinya sesui kan bisa lebih fokus dan fokus untuk bekerja

  23. ….kok gak smua PNS dpat remunerasi?gak adil kl bgini…kita yg gak dpt jg bekerja buat negara..apa ada istilah dinas/kementrian yg penting dan dinas/kementrian yg gak penting ya?…

  24. Syukur deh klo gaji naik, tp yg jadi masalahnya kapan gaji itu di cairkan?

  25. Syukur kalau benar2 gaji pns d naikan tp kl tdk????

  26. KALAU GAJI NAIK, BAGUSLAH. TAPI KALAU BELUM, LEBIH GIAT LAGI PNS BEKERJA

  27. bohong ajh kalie yeeee…..

  28. walah….
    yg disejahterakan pusat terus, kapan pns daerah merasakan-nya.
    MIMPI KALI YEEEEE……………:-)

  29. kapan kenaikan gaji 5 jta itu d berlakukan

  30. ah tenane….

  31. kalo belum ada bukti jangan nyebarin informasi

  32. butuh bukti bukan janji….gaji naik 10 % tp sembako naik 100% apalah arti kenaikan.itu…….!!!!!besar pasak dari pada tiang……

  33. kpn remonerasi kemenag

  34. sy adalah pns kementerian agama kapan remonerasi kemenag,jgn tni/polri sj yg dpt remonerasi tp kemenag hr juga hrs mendapatkan remonerasi karna kemenag punya pemasukan untk negara lebih besar dr pd tni/polri

  35. ya nai lo sby

  36. SKRANG UDH TAHUN 2011 tp koq sampe skrng gaji gak naek2… kalau naek cm 5-10% sj. Skrng jg gaji blum sampe 1,5juta…… Mana Janjimu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 64 pengikut lainnya.