Standar Gaji PNS Rp5 Juta Tahun 2011

JAKARTA. Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selain kenaikan gaji berkala tiap tahun dan gaji ke-13, dua tahun lagi ada tambahan penghasilan berupa tunjangan kinerja.Pemerintah menargetkan pemberian tunjangan kinerja atau renumerasi bagi PNS, akan tuntas pada 2011. Itu berarti setiap PNS akan mendapatkan standar gaji Rp5 juta. Pemberian renumerasi ini sudah dilakukan sejak 2008.

"Dengan pemberian tunjangan kinerja, otomatis gaji yang diterima PNS akan naik di atas 100 persen. Namun, untuk mendapatkan itu dilakukan job analisis dan evaluasi bertahap. Sesuai petunjuk Presiden SBY, 2011 seluruh instansi sudah mendapatkan tunjangan kinerja ini," ungkap Deputi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Bidang SDM, Effendi Ramli Naibaho.

Dijelaskannya, dalam penentuan besaran tunjangan kinerja masing-masing pegawai, pemerintah menempuh beberapa langkah. Yaitu job analisis dan evaluasi guna mendapatkan persyaratan jabatan serta peningkatan jabatan. Setelah itu dilakukan penilaian personal untuk mencari SDM yang cocok dengan jabatan tersebut, kemudian diperingkat jabatannya.

"Setelah mendapatkan peringkat jabatan, langkah selanjutnya dibuat harga sebuah jabatan. Meski sama-sama pejabat eselon III, tapi tunjangan kinerja di BPK misalnya, lain dengan MA. Kalau sudah tuntas, diusulkan ke Menkeu untuk disesuaikan dengan keuangan negara. Bila terbatas anggarannya, diberikan bertahap," papar Ramli.

Kementrian PAN bersama departemen terkait lainnya yang masuk dalam tim reformasi birokrasi, saat ini sedang melakukan analisis terhadap instansi-instansi penerima renumerasi tahun depan. Antara lain kementrian PAN, Depkes, Departemen PU, Departemen Perdagangan, Departemen Perindustrian, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Kepolisian, TNI, Mahkamah Agung, Kejaksaan dan lainnya. (esy/jpnn)

Sumber : Sapos, 09/10/2009

About these ads

87 Tanggapan

  1. pliss deh, gaji pns perawat jg perlu d perhatikan. lingkungan kerja ny beresiko infeksius, blum lg harus melayani 24 jam.

  2. Alhamdulillah……….gaji naik, kinerja juga harus lebih baik, kapan nih realisasinya pak SBY?

  3. kerja gak jelas, datang telat, pulang cepat, kerja lelet, melayani masyarakat dengan pamrih (minta upeti), kuli bangunan lebih terhormat dari para PNS ini…!!!!, citra PNS dari dulu memang buruk, amit amit!!!. masyarakat sudah memandang buruk pegawai PNS ini, sebenernya para PNS ini apa sih kontribusinya ke negara, malah minta naik gaji, naudzubillahmindaliq…..

  4. kerja ga jelas ..dateng telat pulang cepat..tunjangan banyak…sekarang mau naik gaji lagi…di mana rasa keadilan.

  5. sekarang udah masuk 2011, kira kira teralisasi ngak tuch janji ya alnya 2011 ini jangankan para buruh, guru atau peawai lainnya, wong presiden sby sendiri lagi keluhkan gajinya yang kagak-kagak naik ampe tahun ke-7 masa kerjanya…ha..ha.. negara ini emang aneh.!!!

  6. saya sangat setuju dengan rencana pemerintah dengan menaikkan gaji guru,itu artinya kesejahteraan guru akan meningkat yang tentunya sangat berdampak positif terhadap kinerjanya,,saya pribadi adalah seorang guru PNS yang lokasi kerjanya 80 km dari tempat tinggal,saya rela meninggalkan anak istri dan pulang 1xseminggu,itu semua demi tugasku sebagai abdi negara, saya cinta profesiku….

  7. kalo satpol pp bisa jadi PNS ga sih?? trus gaji’a segitu jg gak?

  8. temen2 PNS doa nya ditunggu yo biar gaji PNS secepatnya dinaikkan,but kerja jg harus ditingkatkan ye para temen2 PNS…

  9. hiduuup gaji PNS naik moga-moga secepatnya yo…..alna sembako jg dah naik ni

  10. sungguh senang memang yg sudh PNS..tp lihatlh dibawah anda semua msh byk guru yg blm PNS, dg honor sdikit n entah bagaimana masa depannya..apalagi dg kondisi saat ini ….jd yg sudh PNS byk2 lah bersukur…krn seberapapun kesejahteraan gaji anda semua ..akn ttp kurang klo anda tidak pernh bs belajar mensyukurinya.

  11. maju terus kesejahteraan PNS,,,,,karena PNS abdi negara….

  12. tetep majukan kesejahteraan PNS,,,karena mereka abdi negara…..

  13. jgn sinis pd guru krn smua pjbat,ptinggi negara dan bahkan presidenpun produk guru.jepang jd negara maju krn guru jgn ngiri ya klau mau makmur jd guru adjaaa….

  14. Jgn pandang bulu dunk..Smua PNS sama..Sama2 abdi negara..Jd kesejahteraan nya mesti ditingkat kan..Supaya gk ada lasan lg untk korup/upeti…Klo tetep ad yg korup y ksh aja peti mati..

  15. Yang patut dinaikkan gajinya adalah GURU. . .
    bukan pejabat kelurahan yg kerja gak pernah beres dan selalu minta duit ke masyarakat

  16. xixixixixixi . . .
    dateng telat, udh dtg baca koran sambil ngopi n’ ngobrol abis ntu ngacir entah kemana lalu kerja bentar doang, pas melayani masyarakat selalu minta upeti, pulang cepet teruzzz kerjaan gak pernah beres . . .
    JIAKAKAKAKAK Kerja gtu2 doang tp selalu nuntut gaji gede. . .
    INILAH WAJAH KEBANYAKAN PNS DI NEGERI KITA YG TERCINTA INI . . .
    MALU COYYYY. . .

  17. WHOAAAAHHH . . .
    WHAT . . .ARE YOU SERIOUS???
    KERJA GONO-GONO DOANG DI GAJI GEDE???
    MY GOT . . .
    CAPE DWUEHHHH . . . .

  18. GA TAU LAAAAHHH….. MANUSIA, PINGIN’A LEBIH JA, GA MAU KALAH SAMA YG LAIN.. YG PENTING HIDUP GUEE TDK DIGANGGU AND TDK MENGGANGGU.. HE HE HE HE. . . . .

  19. nah untuk masalah pns yg indentik datang telat pulang cepat menyakitkan sekali bagi yg datang tepat waktu kalau kita tau yg sebenarnya ,itu hanya segelintir orang dari satu departemen tetapi di jadikan berita utama.bahwa pns itu indentik dengan datang telat pulang cepat kasihan orang itu hidupnya penuh dengan fitnah.

  20. pengritik pemerintah itu sebenarnya untuk pejabat korup ,sedangkan pns indentik dengan pegawai negri yg ga punya jabatan dan ga bisa korupsi.pejabat yg korupsi yg di hujat bawahan yg kena imbasnya tunjangan ga turun2gara2 pejabat korup nasip2

  21. Enak ya, cuman baca koran, mintain duitnya kontraktor dan konsultan, nggak ngurusin apa (Liat aja semua fasilitas yg di miliki pemerintah terbengkalai semua). Ngobrol sana ngobrol sini, FB an, mungkin kerja cuman setengah hari, bikin SPJ Fiktif, marah2x in masyarakat yang harusnya di layani, dapat gaji segitu… beda sama swasta yang penuh disiplin dan kerja ketat. he he he, bukan gosip kenyataan

  22. kepada pejabat yg berwenang apakah betul perkataan Bapak Effendi Ramli Naibaho itu bahwa standar gajih PNS minimum 5jt….n kapan realisasinya bagi PNS lainnya jangan ngomong aja kami semua PNS perlu bukti….bukan janji-janji….dan ktnya 2011 hrs sudah terealisasi untuk semua intansi….betulgga tuh…n Bapak Presiden tolong diperhatikan…trima kasih..

  23. kapan gajih PNS kementrian diknas dikti rumenerasinya cair, soalnya pns polri sudah cair tuh pejabat yang berwenang tolong diperhatikan….smoga semua PNS dapat segera cair Tunjangan rumenerasinya ……trima kasih….

  24. semoga saja tidak hanya dijadikan sorga telinga ajah amiennnnnnnnnnnnn….

  25. harus diperjuangkan, karena akan sangat menbantu

  26. Bagus juga pemerintah menaikan remunerasi, tapi konsep analysisnya bukan kecilnya remunerasi gaji PNS karena sekarang banyak gaji pegawai swasta jauh dibawah gaji PNS. konsep analysisnya adalah buruknya layanan publik, sehingga perlu adanya penyehatan remunerasi, perbaikan remunerasi harus diikuti target-target yang mengarah kemajuan dan berkembangnya layanan publik yang membawa negara ini mempunyai daya saing yang tinggi, jangan menaikan remunerasi seperti memberi garam pada air laut, yang cenderung mubazir, awali dengan memecat yang mempunyai mental korup, dan tidak produktif. itu yang harus menjadi concern utama. Agus Maulana

  27. HIDUP TIMNAS INDONESIA

  28. percuma saja gaji naik, tapi harga pasar ikutan naik juga. ya ….. gaji tetap aja berkurang……

    Tonni.

  29. percuma sj gaji PNS naik tapi sembako di pasaran ikut naik ya aja kembali seperti gaji semula

    Tonni..

  30. sebenarnya gak masalah si gaji pns dinaiikkan hanya saja kninerja pns musti dinaikkan juga. Dah gaji naik, tapi banyak banget indisipliner-nya. Misal: datang telat, pualng cepat. Di kantor cuma ngobrol dan gosip. Kan jadi gak bener. Lihat Gaji PNS Tahun 2010 2011

  31. saya amat setuju jika dinas PU juga diberi tunjangan kinerja yang tinggi. Sebab porsi kerja mereka lebih besar dibanding guru. Mereka juga perlu kejujuran, profesionalitas, ketrampilan tinggi dalam menganalisa dan tidak kalah dengan kepolisian dan kejaksaan.

  32. gaji guru udah naik terus,tni dan polri naik kami juga ingin di perhatikan.!!!!!!!sudah banyak teman kami yang meninggal dalam menjalankan tugas melawan panasnya api kebakaran,mohon kepada yang punya kebijakan,yang punya tongkat komando dalam pemerintahan liriklah kami ( fireman)

  33. Aku sngat setuju bila guru sd dikasiih gaji lebih besar sebab guru sd mulai awal sampai akhir selalu berhadapan dengan murid dan murid adalah benda hidup yang selalu harus mendapat perharian penuh. guru sd adalah pencipta konsep dasar ilmu disekolah secara otomatis merupkan dasar untuk mencapai tujun pendidikan nasional , selain itu sebagian besar guru sd selalu aktif di segala bidang kegiatan desa , maka sudh selayaknya kalau guru sd gajinya harus lebih besar dibandung dengan pegawai lain. sebab akau yakin bahwa soko guru negara ini adalah guru yang ilmunya berkembang sesiau dengan kemajuan jaman/

  34. kalau menurut sy, pemerintah sungguh tidak adil dalam memperlakukan, menerapkan renumerasi unt PNS kok masih ada pilih pilih kasih, ini sistem yg kurang bijaksana dan kurang propesional, msh menerapkan cara2 peninggalan pejajah belanda kapan mau maju negara ini, sudah pasti akan terjadi kecemburuan sosial ujung2nya ntar demo besar2an ribut disana sini dan segala macam, terapkan saja renumerasi sama rata semua unt semua PNS, APBN Negara kita sanggup kok, asal jgn dikorupsi saja, kenapa harus pilih2 kasih sementara POLRI/TNI telah di terapkan renumerasi serentak sama semua. kita sama sama mengabdi kepada negara ini kok masih di beda2kan memang topuksi berbeda dan cara kerja dan tanggung jawab berbeda gak mungkin lah tupoksi kita sama nanti siapa yg urus ini dan itu,, pemerintah/DPR hrs buka mata dan buka telinga dong jgn tdr aja di ruangan rapat bikin malu saja,, selesaikan pekerjaan rumah ini semua yg msh menumpuk di depan anda, hukuman mati unt koruptor dan hukum harus tegak dan tegas di negeri tercinta ini, jgn hukum diperjual belikan, Polri itu sumber makelar kasus Polri jgn di ksh jd penyidik krn disitu rawan terjadi hukum diperjual belikan sumber terjadi korupsi uang negara, Polri urus saja itu perampokan, premanisme dan jalan msh macet disana sini yg beginian pula dapat renumerasi apa kata dunia sungguh ironis pemerintah kita bayak kebijakan yg salah kaprah Bullshit all…..

  35. kapan pns non paramedis/medis yang tugas di rs dapat tunjangan, sebab rs merupakan daerah infeksius sehingga kemungkinan untuk tertular berbagai macam penyakit sangat besar.

  36. kapan tunjangan bagi pns yang tugas di rs dapat

  37. Menurut saya guru tidak perlu naik gaji..
    sebab dari awalnya mereka menjadi guru itu untuk mengabdi..bukan untuk mencari duit.
    jika ingin mencari duit, sebaiknya jadi pengusaha saja. jika pikiran para guru ingin naik gaji. dan naik terus…sebaiknya ganti pekerjaan saja. itu lebih arif..
    bagaimana mungkin nasib bangsa ini akan berubah, bila para pendidiknya tidak ikhlas dan bermental merasa kurang….bermental miskin, padahal ada yang lebih kurang.

  38. Sah-sah saja pemerintah menyejahterakan pns, hanya saja pendapatan antar pns suatu departemen sangat jauh… kesenjangannya. Sementara tuntutan kinerja lebih baik tetep aja … bukti remunerisasi saj a tdak cukup membendung korup padahal sudah sejahtera polll. Lebih baik buat sama semua dulu dong….baru diraealisasikan tunjangan-tunjangan bagi struktural dan fungsional (sudah ada), tambah lagi tunjangan lauk pauk, tambah lagi tunjangan anak, Selesai masalahnya…masak guru golongan III-A gajinya masih kalah jauh dengan Kopral apalagi dibandingkan dengan Gayus padahal gol. III-A bisa kaya milayran tuh.

  39. sebaiknya jangan pandang buluh pemerintah kalau mau naikan gaji PNS sistem remunerasi semua lembaga atau instansi harus sama da[pat tunjangan remunErasi . sekarang tidak adil ada yang sudah dapat remunerasi ada yang belum kita sama sama PNS coba dikaji kembali pemerintah itu

  40. Alahmadulllah PNS naik gaji.semoga seluruh warga negara Indonesia ikut sejahtera kena imbas semuanya.Yang jelas harga di pasaran jangan ikut NAIK. Kalau harga ikut NAIK “sarua keneh” (sama saja ) bohong !

  41. Pemerintah harus adil dalam menerapkan renumerasi, jangan hanya untuk pns saja tetapi untuk yang non pns juga, misalnya standar gaji untuk yang mengajar di salah satu sekolah swasta. Karena selama ini sungguh tidak layak. Buatlah kebijakan untuk penggajian guru non pns dengan standar gaji yang layak kepada semua yayasan yang membuka sekolah swasta. Tolong perhatikannn…. Terimakasih

  42. NAIK?Inflasi pasti naik juga. terus bagaimana dengan kami yg bukan PNS? PNS itu tidur saja digaji, buang air juga dapet gaji. lebih baik kok kalau harga2 ditekan drpada menaikkan gaji PNS. kapan Rp 1 = $1 ?????

  43. tolong perhatikan juga nasib kami yang sudah mengapdi di daerah terpencil,, tetapi pemkot tidak mau menganggap daerah tersebut adalah tempat terpencil….
    padahal kami mengajar di daerah transmigran… yang sampai sekarangpun status tanah mereka tidak jelas……

    pemerintah pusat tolong berikan respon atas masalah ini……

  44. ha ha 7x emang kami pikirin mau naik kek tdk kek kakek kek kami sudah puas banget.horas bah hidup perawat yg jarang demo tapi membuktikan dgn kerja nyata di rs .sekali lagi HIDUPLAH SANG PAHLAWAN YANG TEGAR SETEGAR KARANG DILAUTAN

  45. bagus juga,bila benar2 terealisasi bukan janji belaka,kami sangat berterimakasih.Kami yang daerah kaya tapi tdk sejahtra mohon perhatian khusus dari Pemerintah pusat kalau tdk merdeka sj KALTIM.

  46. Ya, saya setuju sekali kenaikan gaji ini, karena dengan menaikan gaji anak pegawai negeri sipil yang kelas rendah bisa juga menyekolahkan anak, hehe

  47. terus untuk departemen yang lain itu ikut naik juga seperti departemen lainya jangan sampai meninmbulkan kecemburuan sosial sesama departemen atau PNS lainya

  48. guru tuch gak pernah puas ya, heran, perhatikan tu penyuluh kb gaji kecil tunjangan kecil

  49. Orang – orang di daerah akan merasa senang jika Pemerintah senantiasa mengutamakan kesejahteraan rakyat.Apalagi Guru.Sebenarnya guru didaerah merupakan ujung tombak dalam pembangunan didesa,sebab dalam hal kegiatan pemerintah desa guru sering ikut aktif dalam kegiatan di desa.Saya sangat setuju jika Guru SD di beri sesuatu yang lebih dibanding guru SMP / SMA sebab guru SD dari awal samapai akhir pelajaran berada dihadapan siswa, sedang guru SMP / SMA Paling 1 minggu 24 jam pelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.