Sebentar Lagi Harga Rokok Naik hingga 50 Persen

Inilah kabar yang tidak disukai oleh para pecandu rokok. Apalagi pemadat rokok yang berkantong pas pasan. Kabar terakhir akan terjadi kenaikan tarif cukai hasil tembakau oleh pemerintah. Implikasinya tentu saja akan jelas. Artinya harga rokok di dalam negeri melonjak bahkan disinyalir hingga di atas 50 persen.

“Memang harga rokok pasti naik,” ujar Ketua Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia, Ismanu Sumiran, Kamis (19/11).

Menurut Ismanu, kenaikan paling besar akan terjadi pada rokok jenis SKT golongan III yang biasa dipakai oleh masyarakat kecil. Kenaikan pada rokok jenis ini hingga di atas 50 persen.

“Untuk Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan Sigaret Putih Mesin (SPM) kenaikannya relatif kecil,” ungkapnya.

Ismanu menyatakan, kenaikan ini memang tidak dapat dihindari karena untuk menyesuaikan dengan roadmap industri hasil tembakau dan merupakan tahapan simplifikasi tarif cukai menuju ke arah single spesifik yang nantinya hanya membedakan tahapan simplifikasi tarif cukai antara produk hasil tembakau yang dibuat dengan mesin dan dengan tangan.

“Namun kenaikan ini justru membuat pabrik-pabrik kecil mulai gelisah. Mereka takut kenaikan ini tidak diikuti dengan kemampuan daya beli para konsumennya,” ungkapnya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.