Gaji Guru Swasta di Atas UMP

"Sekarang ini tidak pantas lagi guru diberikan gaji dibawah UMP, padahal kesejahteraan guru juga merupakan salah satu faktor peningkatan kualitas pendidikan. Idealnya, gaji seorang guru minimal Rp2 juta per bulan sebagai bentuk penghargaan terhadap guru atau setidaknya dalam satu jam mengajar harus mendapatkan honor sebesar Rp12.500."

Demikianlah pernyataan yang diungkapkan oleh Gubernur Jambi, H. Zulkifli Nurdin usai mengikuti acara Hari Guru Nasional di GOR Kotabaru, Kota Jambi, Rabu kepada semua yayasan pendidikan swasta agar memberikan gaji kepada guru swasta diatas upah minimum provinsi (UMP) atau minimal sama dengan UMP.

Seperti dikutip dari antaranews.com edisi 16/11, "Saya prihatin kalau ada yayasan yang menggaji guru dibawah UMP. bagaimana mereka bisa bekerja dengan baik kalau kesejahteraannya tidak diperhatikan dengan baik," kata beliau.

Sebagai reaksi pernyataan gubernur tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Rahmad Derita menyatakan akan mengumpulkan yayasan-yayasan pendidikan swasta untuk membahas gaji guru swasta ini.

Namun begitu, ketika kesejahteraan diperhatikan hendaknya para guru juga bisa memperhatikan kualitasnya masing-masing. Seorang guru harus memiliki kompetensi akademik, pedagogik, sosial dan kepribadian.

*** Yep! Tinggal realisasinya saja pak….

About these ads

2 Tanggapan

  1. gaji guru untk daerah lobar d kash dari kemenag (untuk guru madrasah swasta) TF (Tunjangan Fungsional) sebesar Rp.750.000,- untk 3 bulan, itu blum d potong untk guru yg gk dapat TF, dan dr dana BOS rata2 Rp.360.000,- untuk 3 blan juga.
    apakah bener bisa mencapai 2 juta perbulan?

  2. tidak harus 2 juta kang, sama dengan UMR Kabupaten aja udah cukup , selama ini gaji yang diterima guru swasta di daerah kami paling Rp 300.000,-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.