Fitur Keunggulan New Jupiter Z

JAKARTA – Pada hari Senin, 30/11/2009, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) telah resmi meluncurkan New Jupiter Z. Dengan munculnya produk baru ini, PT YMKI berkomitmen menghentikan produksi tipe lamanya. Apa sebenarnya keunggulan New Jupiter Z ini? Menurut Vice President director YMKI Dyonisius Beti, New Jupiter Z mengadopsi teknologi balap dengan menggunakan frame dari Yamaha R1 . Anda setuju?


foto YMKI

Inilah perubahan perubahan fitur yang ada pada penampilan Jupiter Z anyar ini:

  • desain lampu depan baru yang lebih sporty serta tambahan tampilan flasher light yang membuatnya lebih mirip dengan Jupiter MX.
  • desain speedoleter baru yang menggunakan LED ilumination berwarna biru, yang sanggup memendarkan cahaya terang saat malam hari.
  • bentuk lampu belakang yang meruncing dan futuristik
  • cover handle, bagasi yang lebih besar, serta guard key pada kunci starternya. Mirip dengan yang selama ini diterapkan pada motor-motor keluaran Honda.
  • Perubahan pada sisi mesin, New Jupiter Z memiliki mesin 115 cc.
  • bebek baru Yamaha ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 6.0 kW pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 8.3 Nm di 4.500 rpm. Bila dibandingkan dengan jupiter lama bermesin 110 cc hanya menghasilkan tenaga yang serupa yakni 6.55 kW di 8.000 rpm dengan torsi 9.0 Nm di 5.000 rpm.
  • Namun demikian walau bos YMKI mengatakan New Jupiter Z ini menggunakan rangka motor balap Yamaha, tetapi dari spesifikasi yang tampak, motor ini sama dengan versi lawasnya.
  • Rangka baja underbone dengan suspensi telescopic di depan dan lengan ayun di belakang. Ukuran ban juga masih sama 70/90-17 di depan serta 80/90-17 untuk ban belakang.
  • Rem Tromol pada roda belakang. Sementara di ban depan dilengkapi cakram.
  • Harga dipatok Rp14,5 juta untuk tipe pelek racing dan Rp13,8 juta untuk yang jari-jari

Pertanyaan berikutnya akankah motor Jupiter Z akan menggerus pasar Vega ZR karena dibekali mesin yang sama?

Menurut GM Promotion & Motorspot Division YMKI Bambang Asmarabudi pada peluncuran New Jupiter Z di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (30/11/2009), motor ini bukan ditujukan dan tidak akan menggerus pasar tersebut. Ia mengatakan antara Vega ZR dengan New Jupiter Z diposisikan untuk target pasar yang berbeda. "Untuk New Jupiter Z ini lebih diatas Vega ZR," katanya.

Selain itu, Jupiter, ujar dia, juga lebih banyak menyasar kalangan pria dinamis berjiwa muda. Sementara Vega ZR untuk yang ingin tampil lebih elegan. "Karena Jupiter Z kan lebih sporty dibanding Vega ZR," tegasnya.

Ia juga mengatakan, walau sama-sama dibekali mesin 115 cc, namun performa Jupiter Z dianggap lebih baik dibandingkan Vega ZR. "Jupiter Z lebih kepada bebek premium," yakinnya.

About these ads

58 Tanggapan

  1. jupi itu motor bebek standar tp berdisign keren dan elegan dan sngtlah cocok bwt dmodifikasi krn dri bodynya saja udh sporty

  2. yamaha motor ALAY KAMPUNG.

  3. Ganti final gear saja menjadi 14/37 tarikan jauh lebih berasa, motor ane top speed 140kpj(mesin standart)

  4. Ane pny new jupiter z
    tp tenaganya lembek .suaranya fals bnget…
    Msh kalah ma tenaga mtr kharisma ane yg satunya….
    Scra fsk sich mesin sehat bnget,tp tnganya ibarat mtr dh ujur…
    Kykx pnilaian publik dh pd negatif trhdp ni produk..hehehe
    bwt lg donk mtr bebek brgaya sport balap dr segi bntuk dan tenaga sperti mtr honda sonic

  5. bro jupiter z baru mesin y bagus kok , cuman start y memang lemot tapi klo naik ke gigi 3 4 y ngacir bgt mz broo.
    jupiter z new ane bisa lari 120 km/jamane cuman ganti gear blakang yg lebih kecil ukura 35 rante ane ganti ukuran 420 , knalpot AHM

  6. mohon solusi boz.jupiter 115cc yang baru akw beli,gak isa lari kayak berat larinya cuma 90kpj.tarikannya kurang gigit,apa karena koplingnya cuma dua buah,ada gak solusinya tanpa ada perubahan yang extrem,kaya harus ganti silinder/seker atau kopling……..baru pakai dua bulan nie bz.mohon pencerahan tank.

  7. napa x jupiter yang baru kaya tarikannya molor gitu.larynya cuma 90kpj.jadi nyesel deh nglepas jupe mx aku.ada solusi gak ,walau standart tanpa haruskorek korex yg extrem

  8. kenapa new jupiter z pagi hari kok sulit di hidupin . padahal setiap 2000 km gak pernah telat service berkala mohon tanggapannya …??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 64 pengikut lainnya.