Komisi II DPR RI Pantau Proses CPNSD di Wakatobi

Wakatobi–Rombongan reses dari Komisi II DPR-RI melakukan ‘Insfeksi Mendadak (Sidak)’ di Kota Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi Rabu (9/12). Kedatangan rombongan yang dipimpin Ganjar Pranowo, Wakil Ketua Komisi II DPR-RI ini diluar perhitungan Pemda Wakatobi. Rombongan tiba pada pukul 08.00 Wita di Pelabuhan Wangi-Wangi, ternyata lebih cepat satu jam dari waktu yang dijadwalkan, di Bandara Matahora melalui pesawat Susi Air.

Setibanya di Wakatobi rombongan yang di dalamnya ada Wa Ode Nurhayati, legislatif asal Wakatobi, langsung melakukan pemantauan pelaksanaan proses penjaringan CPNSD di Kantor Pos Wangi-Wangi.. Mereka sempat melakukan dialog dengan beberapa calon pelamar yang tengah menyetorkan lamarannya.

Lepas dari Kantor Pos rombongan ini langsung memantau proses pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akter Kelahiran/ Kematian yang dilakukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wakatobi. Selanjutnya memantau pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit (RS) Umum Kabupaten Wakatobi.

Ganjar Pranowo mengatakan pada dasarnya pelayanan publik yang dilakukan di Kabupaten Wakatobi sudah cukup baik. Hanya saja beberapa hal yang perlu dibenahi yakni kurang tersedianya pasilitas listrik yang ada di daerah ini. Sehingga hal ini berinflikasi pada kurang maksimalnya pelayanan yang dilakukan di RSUD Wakatobi.

“Lewat kesempatan ini saya juga menghimbau pada para dokter spesialis untuk mau mengabdikan diri di Wakatobi. Daerah ini sangat membutuhkan kehadiran dokter spesialis. Apa lagi daerah ini telah menyediakan pasilitas berupa rumah dan mobil dinas bahkan ada insentif yang mencapai Rp 20 juta setiap bulan angka yang cukup besar dan tidak ada didaerah lain. Lepas dari pasilitas tersebut daerah ini adalah daerah yang cukup baik untuk melakukan aktifitas sosial dan pengabdian pada masyarakat,” katanya.

Selain melakukan pemantaun pelayanan publik yang bersifat mendasar. Kedatangan rombongan ini juga bertujuan untuk survei lapangan didaerah-daerah pemekaran karena belakangan ini kata dia, ada polemik pemekaran yang menilai bahwa pemekaran hanya untuk kepentingan penguasa saja tidak berpihak pada rakyat. “Hal ini yang ingin kita lihat secara langsung,” katanya.

‘Kita kunjungi daerah semacama ini adalah kewajiban konstitusi, mulai kemarin kita melakukan reses atau sidang diluar gedung untuk serap aspirasi rakyat. Reses kali ini komisi II melakukan reses di Bali , Sumut dan Sultra,” kata Ganjar Pranowo politisi asal PDIP.

Permasalahan yang juga dipantau adalah kesiapan Pilkda dibeberapa dearah, ini disebabkan karena banyaknya informasi bahwa ada beberapa daerah yang tidak siap melakukan Pilkada karena kekurangan anggaran.

Rombongan ini juga membawa misi melakukan evalusi kesiapan pemekaran Kabupaten Buton Tengah dan Buton Selatan serta Kabupaten yang masuk dalam usulan pemekaran Buton Raya.

“Kita telah mendatangi Buton Tengah dan Buton Selatan, didua daerah ini kami melihat semangat masyarakat begitu tinggi untuk memekarkan diri. Dimana saat ini dua daerah ini sudah tinggak menunggu undang-undang pemekarannya. Berbeda dengan yang kami temukan di Kota Baubau, kami sama sekali tidak ditemui oleh Pemerintah maupun DPRDnya sehingga kami bertanya apakah daerah ini mendukung Buton Raya atau tidak,” katanya

Sedangkan di Kabupaten Wakatobi tim ini mengaku baru kami dapat melihat kemajuan pembanguan yang dihasilkan dari pemekarang daerah. Mereka juga dapat menemukan masalah-masalah yang dihadapi oleh daerah pemekaran yang perlu mendapat perhatian darai pusat. Dengan kemajuan pembangunan yang dicapai Wakatobi daerah ini cukup layak untuk mendukung pemekaran Buton Utara.

“Di Kendari kami juga dapat mengetahui dukung pemerintah provinsi terhadap rencana pemekaran Buton Raya,” ungkapnya.[kendaripos]

About these ads

Satu Tanggapan

  1. kenapa penerimaan cpnsd wakatobi ada istilah jata-jata. Inikan mengundang unsur ketidak adilan pemerintah daerah wakatobi khususnya bapak bupatinya. Contohx jurusan saya hanya quota 2 orang. itupun bocoranx jatah bupati. gimana wakatobi mau adil dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.