Pengumuman Hasil Tes CPNS Lampung Tahun 2009

BANDAR LAMPUNG,– Hari ini, SELASA, 22/12/2009, Panitia Penerimaan Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Provinsi Lampung akan mengumumkan hasil kelulusan penyaringan beserta daftar nilai. Peserta tes yang lulus akan diumumkan melalui media massa, sementara keseluruhan peserta baik yang lulus maupun tidak lulus diumumkan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) provinsi dan kabupaten/kota.

"Saya minta panitia kabupaten/kota mengumumkan nilai tes secara serentak tanggal 22 Desember," kata Sekretaris Provinsi Lampung Irham Djafar Lan Putra dikutip dari harian Lampost edisi 21/12.

Irham Djafar Lan Putra menerima nilai tes CPNSD dari Puskom F-MIPA Universitas Indonesia, pada hari Minggu (20-12). Penyerahan nilai tes berlangsung di ruang Serbaguna FMIPA UI dan dihadiri sekretaris daerah, kepala BKD, dan inspektorat 14 kabupaten/kota. Hadir pula dekan FMIPA UI, Koordinator Pembuatan tes CPNSD Djarwani, dan Direktur Puskom UI Ari Yanuar.

Irham mengatakan pengumuman nilai tes disampaikan melalui media massa dan dipasang di kantor BKD provinsi dan 14 kabupaten/kota. "Pengumuman di media massa hanya nama dan nilai peserta yang lulus," kata Irham. Sementara, keseluruhan nilai peserta akan diumumkan di kantor BKD provinsi dan seluruh kabupaten/kota. "Pengumuman yang ditempel di BKD harus fotokopian nilai tes dari UI yang sudah dilegalisasi," kata dia.

Irham menegaskan tidak akan ada perubahan nilai tes yang akan diumumkan panitia. Apa yang disampaikan UI, itulah yang akan diumumkan. Menurut dia, setelah nilai tes CPNSD diserahkan UI, panitia CPNSD kabupaten/kota akan langsung memproses surat keputusan kelulusan. Sehingga, pengumuman kelulusan baru bisa disampaikan pada 22 Desember. Panitia membutuhkan waktu sehari untuk memproses SK setelah nilai tes diterima dari UI.

"Jika ada kabupaten/kota yang baru mengumumkan hasil tes pada 23 Desember, berarti ada keterlambatan dalam pengurusan SK. Untuk apa kita tahan lama-lama. Akan langsung kami umumkan," ujar dia.

Irham menjelaskan kelulusan peserta tes CPNSD tidak didasarkan pada passing grade. Peserta dengan nilai terbesarlah yang akan diterima. Sehingga, kemungkinan ada perbedaan di beberapa kabupaten/kota. Peserta dengan nilai rendah bisa saja diterima di kabupaten tertenu. Sementara ada yang nilainya rendah tidak diterima di kabupaten/kota lain.

Penyerahan nilat tes CPNSD didahului dengan penyerahan kunci jawaban dalam bentuk digital melalui flashdisk. Kunci jawaban diserahkan koordinator pembuat soal Djarwani kepada Sekprov Lampung. Kemudian Sekprov menyerahkan kunci jawaban kepada Direktur Puskom UI untuk diproses.

Selanjutnya, seorang petugas memproses kunci jawaban ke data lembar jawaban yang sudah dipindai (scanning). Hasilnya adalah peringkat nilai tes CPNSD berdasarkan formasi untuk setiap kabupaten/kota.

Dalam pemrosesan nilai tes, diketahui ada beberapa nilai peseta yang tidak keluar. Hal tersebut disebabkan beberapa peserta lupa mengisi kode soal atau kode pendidikan.

Djarwani menjamin kerahasiaan soal dan kunci jawaban yang dibuat tim UI. Kunci jawaban baru diserahkan ke panitia CPNSD pada Minggu (20-12). Pembuat soal adalah para dosen unggulan dan teladan.

Selanjutnya, ada tim seleksi soal. Tim seleksi dan tim pembuat soal tidak saling kenal. "Soal yang sudah diseleksi, diedit kembali oleh tim yang juga tidak mengenal tim seleksi. Soal dan kunci jawaban dijamin kerahasiannya," kata Djarwani.

Djarwani juga menjamin kualitas soal yang dibuat tim bisa menjaring orang yang bisa menjadi calon pegawai yang bisa menjadi aset pemda. Keberhasilan menjaring CPNSD belum bisa menjadi jaminan orang akan akan menjadi pegawai yang punyai kapasitas bagus. Keberhasilan penjaringan juga ditentukan oleh sistem selanjutnya. CPNSD yang sudah dijaring perlu diberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Keberhasilan penjaringan pegawai juga ditentukan pendidikan, latihan (training), dan lingkungan.

Irham juga menegaskan tidak ada hal-hal yang ditutupi oleh panitia tes CPNSD. Panitia berusaha untuk transparan. Panitia juga mengundang para wartawan untuk melihat pemeriksaan LJK dan proses pemeringkatan nilai. "Memang ada anggapan jelek di masyarakat yang tidak menyenangkan. Namun, panitia tetap bekerja secara profesional," kata dia.

Menurut Irham, panitia baru menerima kunci jawaban dari UI. Panitia sama sekali belum memegang kunci jawaban. Ia membantah tuduhan panitia sudah memegang kunci jawaban sebelum pelaksanaan tes CPNSD. "Tidak ada sama sekali yang mau memainkan penerimaan CPNSD," kata dia.

===

Daftar Koran Harian Lampung

Informasi CPNS Lampung Sebelumnya:

About these ads

79 Tanggapan

  1. emg aq yg gx bisa download…or emang belum tersedia…????
    payah ne….udah k.abisan koran jg…

  2. Mana sich daftar nama-nama yang lolos tes CPNSD Lampung Timur?
    semuanya gak ada……..
    maunya apa sich?
    di HIDDEN kah?
    ayo dong………buruan!!!!!!!!!!!

  3. ho.oh….
    lha mana pengumuman via on line nya….
    dikoran2 udah ada kok

  4. he he he… ternyata yang bingung bukan cuma saya. :D
    Kalau ada yang sudah dapat tolong sharing, dong. kalau ada yang dapat korannya, tolong pindai dan unggah, sehingga kita-kita yang di luar Lampung juga bisa baca. Thanks.

  5. tolong di tampilkan hasil tes cpns di lampung selatan
    trims

  6. manooooooo
    hasil nyooooooooooooooooooo

  7. y ampun dari subuh di cari kq y gk ad jg nm2 peserta seleksi cpns nya,,,,,,,,,,,,,

  8. kumaha’ atuh d fb dah pd heboh ada yg k trima, lha kok blm ada pengumumanY cie……………….????????????

  9. bwt tmn2… kl dah ada yg dpt info tes cpns ples ksih tau donk cz di tuba lom dtg korannya heran gw mah….? ms cih ngilang gt aja kompakan lg smua koran..

  10. woiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii dipa kaah hasil pengumuman sinaaaa
    cak nyukak do ya!!!!

  11. hhhhhhhhhhhhhhooooooooooyyy apa ada maen neh kok belum di umumkan hasil tes nya??????????

  12. di hidden tah daftar nama2nya
    rahasia banget yak

  13. tenang aja, orang sabar disayang Tuhan..Anjrit!!! mana woy pengumumannya!!!!!

  14. Mana daftar hasil test cpns nya, kata nya tanggal 22 desember tapi kenapa tidak terlihat cara cek nya bagaimana?????????????????????????

  15. mana mesuji udah deg2kan

  16. Seneng ya klo pada kesulitan nyari pengumuman hsl tes

  17. mane hasil tes cpns TUBA….???? dah nyari koran kmn2 ktanya blm dtg……,nyoba di rdar lmpung digital lom uptodate,, mksudnya apa niiiiiihhhh…………………..????????? ples deh buruan

  18. Mau di umumin gk seh?jgn bkin penasaran dong..tukang koran blm dtg lg..bingung..

  19. pussiiiiiink cari info pengumuman pada gak ada……

  20. mana pengumumannya……….sampai karatan nyarinya, katanya hari ini diumumkan, kok ga ada ya…….kasih tau donk nyarinya dimana!!!!!!please!!!!!

  21. GIMANA NI LAMPUNG GAK UP TO DATE BANGGED!!
    BIKIN ORANG NAIK DARAH NI DARI SEMALEM.

  22. Mane pngumumanya,bkin penasaran aja..

  23. Mana infonya capex dech.

  24. mana pengumumannya koq g ada .katanya hari ini dicari dari tadi g ada.atau jangan2………………………………..

  25. mpe bolak balik muter muter gak nemu jg hasil tes cpnsnya…….apa msh nyangkut dipohon ya…..

  26. IYA NIE CARI INFO’NYA DI MANA?

  27. nih capek cariiiiiiiiiii pengumuman kok gak adaaaaa jadi tambah penasarannnn.

  28. mana hasilnya?

  29. daftar hasil tes cpnsd lampung 2009

  30. Capek dech………

  31. mohon infonya hasil test cpns untuk kabupaten pringsewu tolong nya

  32. sengaja ya gak ditampilkan pengumuman cpnsd lampung biar korannya laku dulu

  33. Kalo hari ini ya hari ini, besok ya besok. Jngn bikin org bingung, thanxs.

  34. Hoiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, mana pengumumannya????????????????????????????????????????????????????

  35. Mohon ditampilkan daftar hasil tes cpnsd 2009 Lampung Selatan, Trmksh.

  36. infonya yang jelas dong…bikin rakyat bingung

  37. maanaaaaaaa….. ya…….

  38. saya jg lagi mencari info pengumuman hasil test cpnsd khususnya lampung selatan. emang gue bukan peserta tp pengen tau aja. tp nga ada. ya udah………

  39. mana nich pengumuman hasil test CPNS Tulang Bawang Barat??? kok di cari2 dari td g ada???

  40. mana ini pengumumannya?

  41. ia nih cri infony malah gk ad.
    biasa liat di radar lampung online, malah sekarang radar lampungnya udh berubah jadi biasa, bukan berbentuk koran digital lagi. masuk ke situs pmprov n kbupten jg blm ada infonya.
    gimana toh!!!!!!!!!

  42. mana hasil tes CPNS way kanan qo ga ada

  43. tolong dunk link pengumuman mesuji

  44. iya nih drtd ampe aus ga temu2 mn pengumuman way kanannnya..bantuin dunkkkk…

  45. jadi bingung karena bego’

  46. mana ya….daftar nama peserta yang lulusnya kenapa tidak ada……………tolong bantuannya secepatnya.dan selengkap mungkin

  47. tlg info pgumuman cpns way kanan.dari td muter2 ga ktmu ni….

  48. hasil test pengumuman cpnsd nya mana yaaaa????

  49. Kok untuk pengumuman cpnsd lamsel tahun 2009 yang dicari malah gak ada situs ny?..

  50. mana sih………………daftar hasil tes cpnsd nya?????

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.