Hasil Ujian CPNS Takalar Diduga Bocor

MAKASSAR,– Hari ini, seluruh daerah di Sulsel mengumumkan hasil seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dinyalir, untuk Kabupaten Takalar, hasil ujian CPNS bocor. Adapun dugaan bocoran kelulusan hasil seleksi CPNS Takalar terekspos via SMS, Selasa (22/12) siang. Bukan hanya pengumuman kelulusan, isu soal adanya calo CPNS yang disebut-sebut membocorkan hasil pengumuman itu juga merebak.


Menurut Kepala Bidang Pengembangan Pegawai, Muh.Sineng selaku Sekretaris Panitia CPNS, dilansir dari BKM edisi 23/12, mengaku belum mengetahui adanya dugaan bocoran pengumuman itu. Ia meyakinkan jangankan pegawai BKD, bupati saja tak bisa menembus ruangan penyerahan skoring di Universitas Indonesia (UI), Jakarta. Penyerahan skoring disaksikan komponen masyarakat diantaranya LSM dan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Takalar (Hipermata).

Sebagai tindak lanjutnya, pihak BKD meminta agar polisi mengusut siapa oknum yang disebut-sebut sebagai joki dan menyebarkan informasi soal bocoran kelulusan. "Kami berharap polisi membantu menyelidiki oknum-oknum yang disebut membocorkan kelulusan CPNS sebelum pengumuman," harapnya.

Secara terpisah, Kepala BKD Takalar, Hanafi juga menampik adanya bocoran pengumuman CPNS. Pengumuman resmi, kata Hanafi, diumumkan serempak, Rabu (23/12), hari ini.

”Kalau ada yang mengaku dirinya lulus sebelum pengumuman, itu hanya keyakinan. Hasil skoring kita ambil di UI Jakarta dan diamankan di kantor BKD dalam kondisi tersegel,” katanya. Hanafi juga menjamin keamanan hasil pengumuman sembari menanti petunjuk dari bupati. "Kami tidak bisa berbuat banyak sebelum ada petunjuk dari bupati," ujarnya.

Sementara itu di Makassar, ditemukan ada penerimaan yang sarat KKN, maka DPRD Makassar akan memanggil Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Hal itu ditegaskan anggota Komisi A yang membidangi pemerintahan dan aset DPRD Makassar, Mustagbir "Moses" Sabry, Selasa (22/12) kemarin di ruangannya. Namun dia mengakui, proses rekruitmen CPNS dalam lingkup Pemkot sudah berjalan cukup baik, karena sesuai mekanismenya.

Proses perekrutan dimulai dari proses pendaftaran yang transparan. Hasil ujian ditentukan suatu lembaga Perguruan Tinggi (PT) yang independent, sehingga dia tidak menyangsikan proses rekruitmen CPNS tahun ini terdapat indikasi KKN, pasalnya semua berjalan sesuai mekanismenya.

"Kalaupun hasilnya ternyata masih tetap ada penyimpangan, kita tentu tidak ingin ada saling mencederai hanya persoalan penerimaan CPNS yang tidak sesuai mekanismenya. DPRD tentunya akan mengawal dan mengawasi hasil tersebut, bila terdapat penyimpangan maka kami bisa memanggil BKD," ujar Mustagbir.

Bila DPRD akan mengawasi hasil CPNS yang diumumkan guna melihat apakah hasil tersebut fair sesuai mekanisme yang ditetapkan, maka LSM juga akan melakukan kontroling yang sama. Menurut aktivis LSm Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Makassar, Muh Ramli di Gedung DPRD Makassar kemarin, semua pihak dapat melakukan pengawasan hasil ujian CPNS serta nama-nama yang diluluskan, termasuk lembaga DPRD, pers, LSM maupun masyarakat.

"Sesuai Undang-Undang, seluruh masyarakat, termasuk pers dan LSM dapat mempersoalkan bila dalam proses penerimaan CPNS tidak transparan dan sarat dengan KKN. Termasuk juga kami di Kopel, akan memantau hasil seleksi yang diumumkan, bila menyimpang kami akan persoalkan secara hukum," ancam Muh Ramli, koordinator Kopel Makassar.[sb::beritakotamakassar.com]

About these ads

2 Tanggapan

  1. Betul-betul ini pemerintah….sanging pemimpin kongkong..
    Teman saya sudh ada yg tau dirinya lulus katanya dari kantor bkd minggu malam.

    Artinya bkd bisa saja seenaknya ganti ganti nama

  2. wah kok bisa ampe bocor gitu…kayak rumah aja bocor…ditambal dong atapnya…….gak fair banget..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.