Menara Dubai, Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Dubai (scBS)–Wow, gedung pencakar langit tertinggi kini berada di Dubai. Menara itu dinamakan Burj Dubai atau Menara Dubai yang memiliki ketinggian sekitar 800 meter lebih dan terbagi atas 169 lantai.

Burj Dubai ini memiliki musholla di lantai 158, dan kolam renang di lantai 76. Tidak ada bangunan lain di dunia, yang menyediakan musholla dan kolam renang, pada ketinggian seperti itu. Menara ini terdiri dari 1.100 apartemen. Menurut para pengamat, krisis ekonomi di Dubai sekarang ini, dan ambruknya bisnis perumahan pada akhir tahun 2008, tidak mempengaruhi penjualan apartemen di menara ini.

Pada Senin ini, Pemerintah Dubai akan meresmikan penggunaan gedung paling tinggi di dunia itu. Pembangunan gedung ini membutuhkan waktu sekitar 6 tahun dimulai pada tahun 2004. Ketinggian persis gedung ini, baru akan diumumkan pada saat upacara pembukaan.

Pada acara tersebut, Syekh Dubai akan memimpin peresmian penggunaan gedung beraksitektur mewah dan lengkap ini. Adapun perbedaan suhu udara antara lantai paling bawah dengan paling atas, sekitar sepuluh derajat Celcius.

Dalam proses pembangunan proyek gedung pencakar langit itu, muncul beberapa suara-suara kecaman. Beberapa organisasi lingkungan hidup mengingatkan, bangunan seperti itu akan menggunakan terlalu banyak enerji. Sementara beberapa organisasi hak asasi manusia mempersoalkan buruknya kondisi kerja yang dialami para buruh.

Gedung pencakar langit Burj Dubai adalah ikon baru bari Kota Dubai atau Uni Emirat Arab. Ketinggian Burj Dubai dari dasar hingga puncaknya lebih dari enam kali tinggi Monumen Nasional (Monas). Gedung tersebut menjadi terlihat sangat jangkung jika dibandingkan dengan Monas yang tingginya hanya 132 meter. Puncaknya saja bisa dilihat sampai jarak hingga 95 kilometer.

Jika dibandingkan dengan salah satu gedung tertinggi di Indonesia, yakni Wisma 46 yang berada di kompleks perkantoran di kawasan Sudirman, Burj Dubai masih jauh lebih tinggi. Wisma 46 hanya berketinggian 250 meter.

Burj Dubai dimanfaatkan sebagai hotel dan tempat tinggal yang bisa menampung 900 orang. Georgio Armani akan menjadi salah satu tenant pertama dan akan membuka Hotel Armani pertama di dunia di sana dengan 160 kamar dan Armani Residences sebanyak 144 kamar apartemen.

Fasilitas dan kelengkapan di Burj Dubai jauh lebih banyak dan beragam. Empat lantai khusus untuk sarana kebugaran dan wisata. Bahkan ada klub cerutu. Lantai 122 dibuat untuk restoran. Sementara di lantai 124 pada ketinggian 442 meter disediakan teropong yang dilengkapi layar digital untuk melihat pemandangan Kota Dubai dan sekitarnya dari atas. Ini merupakan tempat peneropongan tertinggi dari sebuah gedung di dunia.

Burj Dubai tidak hanya gedung tertinggi di dunia. Ia juga memecahkan rekor sebagai struktur bangunan tertinggi di dunia yang sebelumnya dipegang KVLY-TV di Blanchard, North Dakota, AS dan struktur bebas tertinggi yang sebelumnya dipegang CN Tower Toronto.

Selain itu, Burj Dubai dilengkapi elevator paling cepat di dunia yang bergerak dengan kecepatan hingga 16,7 meter perdetik atau 60 kilometer perjam. Ini juga bagian dari lift yang pernah dioperasikan paling tinggi di dunia.

Lantai dasarnya seluas 334.000 meter persegi. Dikelilingi taman seluas 11 hektar dengan 6 model hiasan air dan dilengkapi area parkir bawah tanah untuk 3000 kendaraan.

Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, Burj Dubai menggunakan sebanyak 15 juta galon air. Sementara untuk fasilitas pendingin dibutuhkan proses yang setara dengan mencairkan 10.000 ton es setiap hari. Serta untuk penerangan Burj Dubai membutuhkan lampu yang setara dengan 3,6 juta lampu masing-masing 10 watt.

Biaya pembangunan Burj Dubai menelan sekitar 4,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 40 triliun yang merupakan bagian dari investasi mega proyek Pusat Kota Dubai senilai 20 miliar dollar AS.

Burj Dubai didesain oleh Skidmore, Owings, and Merrill, sebuah konsultan arsitektur di Chicago, AS yang diketuai oleh designer Nada Andric. Interiornya memanfaatkan fitur fitur dari kaca, stainless steel dan bebatuan alam yang dipoles mengikuti inspirasi budaya lokal yang khas Timur Tengah. Ribuan benda benda seni disatukan untuk menambah daya tarik Burj Dubai.

Pengembang proyek tersebut adalah Emaar Properties yang merupakan salah satu pengembang real estate terbesar di UAE. Sementara kontraktor proyek adalah Samsung bersama Besix dari Belgia dan perusahaan lokal Arabtec. Burj Dubai terletak di Sheikh Zayed Road tepatnya perempatan Doha Street.

About these ads

18 Tanggapan

  1. indonesa haus punya

  2. allhamdullilah

  3. ya baguslah,,,,,itu tndanya orang muslim g mau kalah sama orang2 kafir;ato ngara2 barat.

  4. Wow amazing….

  5. gile masa elevatornya 60km/jam dah kyk mobil aja hehehehe sepeda gw jg kalah kali wkwkwk

  6. ga lama juga runtuh tu klo ga ada penahan di samping” nya

  7. wawwww..luar biasaaaa…

  8. rancak bana….

  9. Wih hebat bener menaranya. Bnr tinggi abiz….!!. Tapi baklan klh klo sma ciptaan ALLAH SWT

  10. INDONESIA mungkin blm bisa bikin bikin kaya burj dubai, mau bikin gedung DPR aja banyak yg protes, kalo diut negara dikorupsi pd diem, payah….!

  11. wow,,, keren banget…
    klu aja gw bs nginep d sana….
    pasti K.E.R.E.N. deh……

  12. woww… sangat menarik sekali ya…kontruksi yg sangat luar biasa….ini baru evolusi dunia baru,,pasilitas yg sangat menarik…di tengah ketinggian ada pasilitas ketenangan jiwa,,”bisa kita bilang musolla di atas awan”

  13. kapan indonesia punya gedung setinggi itu.

  14. Wooouuuuww!!
    Amazing bgt
    g’kbayang tingginya…!
    Klw spiderman sruh manjatin temboknya..
    Wiiih djamin dy bkal kcapean..,cz 800 m gtw loch!
    Wah kpan yo q bsa ksna…?
    Cpa tw ja rumahQ klihatan pas dLhat dri puncak Burz Dubai
    hehehe :-D

  15. coZ ketiNggiAn siCh.. Qw paLinG jaGo’X.. d prOyek koNtruksi..
    tpI bUat yg Nie’… lw Qw d sUruh erection ga baKal mAu…. amPun dech D biLang jaGo keTinggiAn..

  16. masya allah….
    ampun dewh…zaman skrg….apa bae maen gede gedean….
    tp bagus jg seh ada mushallanya….

  17. Masya Allah ck ck tinggi amat tuh menara dubai. Kontruksi yang sangat berani. Namun nampaknya desain burj dubai masih kalah dengan menara kembar malaysia. Dari segi fasilitas serba mewah bro. Dasar orang2 dubai mang kaya raya Kapan ane bisa nginep satu menit saja ya! Haha terbayang deh nikmatnya maklum ane dari desa terpencil.

  18. cool….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.