2010: Standar Upah Minimum Provinsi NTB Naik 7 Persen

Mataram,- Upah Minimum Provinsi (UMP) NTB tahun 2010 naik sebesar tujuh persen dari tahun sebelumnya. Ini berarti, pada 2010 UMP NTB ditetapkan sebesar Rp890.775, sedangkan pada tahun sebelumnya 2009 lalu, UMP NTB dipatok Rp832.500.

"Gubernur baru saja menetapkan UMP NTB tahun 2010 yang mengalami kenaikan tujuh persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras) NTB, M Agus Patria, di Mataram, Jumat.

Patria mengatakan, Dewan Pengupahan NTB sudah melakukan perbaikan nilai UMP NTB yang melibatkan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) NTB dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) NTB. Dewan Pengupahan NTB itu, kata dia, terdiri dari Kepala Disnakertrans NTB, pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) NTB, aktivis dari Universitas Mataram (Unram) dan LSM.

Informasi sebelumnya, Apindo menawarkan UMP NTB sebesar Rp871.044,75, sedangkan SPSI NTB menawarkan UMP NTB sebesar satu juta rupiah. Namun Dewan Pengupahan Provinsi NTB menempuh jalur tengah sehingga menjadi Rp Rp890.775

Dalam penentuan nilai UMP, didasarkan pada tujuh komponen yakni makanan dan minuman (pangan), sandang (pakaian), perumahan, pendidikan, kesehatan, transportasi dan rekreasi serta tabungan. Sedangkan upah minimum merupakan upah bulanan terendah yang terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap dan hanya berlaku bagi pekerja yang mempunyai masa kerja kurang dari satu tahun.

About these ads

Satu Tanggapan

  1. mas, minta peraturannya dong tentang UMP NTB ini… klo ga salah peraturan gubernurnya yang mana y???? thanks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.