Oktober 2010, PLTU Lombok Mulai Operasi

Mataram, NTB- Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Jeranjang, Kabupaten Lombok Barat, akan mulai beroperasi Oktober 2010. Pada bulan itu satu mesin pembangkit berkepasitas 25 mega watt (MW) siap beroperasi, sedangkan dua mesin lainnya menyusul tahun 2011

Demikian dikatakan Direktur Operasional Pembangkitan Indonesia Timur PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Vickner Sinaga mengatakan didampingi General Manager (GM) PT PLN Wilayah NTB Muhammad Sofyan di Mataram, Rabu 12/1.

"Mulai Oktober nanti satu mesin pembangkit berkepasitas 25 mega watt (MW) beroperasi, dua mesin lainnya menyusul tahun 2011," kata Sinaga

Menurut Sinaga, hal itu ditempuh untuk mengatasi krisis listrik di wilayah pengawasannya yang mencakup delapan wilayah provinsi di Indonesia Timur salah satunya NTB. Ia pun mengakui PLTU batu bara di Jeranjang berkekuatan 75 MW itu sebenarnya dapat ramung pada tahun 2010 ini. Namun kendalanya adalah proses pembebasan lahan untuk PLTU itu yang berlarut-larut dan ada pihak-pihak tertentu yang mempermasalahkannya

PLN sudah merencanakan pembangunan PLTU batu bara berkapasitas 75 MW pada lahan seluas 32 hekatre yang berlokasi di Dusun Jeranjang, Desa Kebun Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, sejak tahun anggaran 2007 dengan target realisasi di tahun 2009. Namun proses pembebasan lahan yang sudah ditempuh sejak November 2007 belum juga tuntas .

"Keterlambatan dalam merampungkan proyek pembangkit listrik berkapasitas 75 MW itu erat kaitannya dengan persoalan pembebasan lahan," ujarnya.

Kabar baiknya, menurut Sinaga, setelah menempuh jalur konsinyasi di Pengadilan Negeri (PN) Mataram, pembangunan PLTU Jeranjang itu dapat dimulai 30 April 2009.

Pembangunan PLTU batu bara menggunakan dua lokasi masing-masing di Dusun Taman dan Dusun Jeranjang, Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

1. PLTU 1 Lombok

PLTU ini berkapasitas 1 x 25 MW yang dibangun di Dusun Taman. Pembiayaan diperoleh dari APBN sesuai DIPA Departemen ESDM tahun anggaran 2009, dan ditargetkan beroperasi pada triwulan kedua tahun 2010. Total biaya pembangunan PLTU itu sebesar Rp296,3 miliar, dan khusus tahun anggaran 2009 pelaksanaan proyek tersebut mendapat dukungan dana stimulus sebesar Rp68,8 miliar selain alokasi DIPA reguler tahun 2009 sebesar Rp64,2 miliar. Sebagai pelaksana proyek PLTU 1 Lombok menggunakan jasa PT Wasa Mitra Engineering, PT Twink Indonesia dan PT Ciria Putra Sinergi.

2. PLTU 2 Lombok

PLTU ini dibangun di Dusun Jeranjang dengan berkapasitas 2 x 25 MW yang dibiayai dari anggaran PLN (APLN). Pembangunan PLTU 2 Lombok itu dipercayakan kepada PT Barata Indonesia (persero).

About these ads

8 Tanggapan

  1. mas minta infonya buat lowongan kerja bagi putra daerah dong , saya di bidang enginering mas

  2. ada lowongan gak mas buat enginering ,

    ???????????
    sebagai orang putra daerah saya berharap besar bisa dapat bekerja di daerah sendiri..mohon infonya dong mas

  3. hemmm…..pengen kerja disana aku punya pengalaman didunia listrik dan mekanik

  4. ya.. harapan saya juga begitu..sebge orang taman ayu. bisa dapat bekerja di P L T U jeranjang..

  5. bagi info kerja, bidang aku powerplant (tekniik konversi energi)politeknik negeri bandung

  6. bagi info atau contact, lg nyari peluang kerja di tanah sendiri, aku bidangnya powerplant,jebolan politeknik negeri bandug(politeknik itb)

  7. Good. Mudah-mudahan listrik bukan jadi masalah lagi shg aktifitas tetap lancar. Amin. lho ada lowongan mohon sosialisasikan lewat public. thanks

  8. muda2han dengan adanya PLTU ini bisa mengatasi krisis listrik NTB. masi ada lowongan kerja tidak? buat lulusan Sarjana Teknik Listrik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 65 pengikut lainnya.