Tunjangan Guru Non-PNS NTB Naik Fantastis

Mataram, NTB– Tunjangan fungsional bagi guru non-pegawai negeri sipil (PNS) di Nusa Tenggara Barat naik secara fantastis dari Rp410 ribu menjadi Rp1,6 juta per tahun pada 2010.

"Dana itu untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus memotivasi para guru non-PNS yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta di seluruh wilayah NTB," kata Kepala Bidang Peningkatan Mutu Pendidik dan Perguruan Tinggi, Dinas Pendidikan NTB H. lalu Irwan Hawari di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan, dana tunjangan fungsional untuk guru non-PNS dianggarkan melalui APBD sebesar Rp43 miliar lebih. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan 2009 yang tercatat Rp7,9 miliar. Tahun ini jumlah guru non-PNS penerima tunjangan fungsional tercatat sebanyak 25.669 orang, sedangkan tahun sebanyak 19.294 orang.

Dana tunjangan fungsional sebesar Rp1,6 juta itu akan dibayarkan setiap tiga bulan melalui rekening masing-masing guru penerima tunjangan setelah dipotong pajak penghasilan (PPh) sebesar lima persen.

"Kami akan mengirimkan tunjangan itu melalui rekening masing-masing guru agar mereka bisa dengan mudah mengambilnya tanpa harus melalui birokrasi yang rumit. Ini juga untuk menghindari pemotongan," ujarnya.

Selanjutnya jelas Hawari, rencana pembayaran tunjangan tersebut akan dilakukan pada April 2010 karena pihaknya masih membahas rencana kerja tahunan (RKT) 2010, termasuk membahas masalah pembayaran tunjangan fungsional guru non-PNS tersebut.

Pembahasan RKT itu juga menyangkut verifikasi data para guru non-PNS yang diusulkan pemerintah kabupaten/kota untuk menerima tunjangan fungsional. Verifikasi tersebut bertujuan menghindari guru yang sudah tidak mengajar atau sudah diangkat menjadi PNS memperoleh tunjangan.

"Kami cek kembali data guru non-PNS yang diusulkan pemerintah kabupaten/kota sehingga guru penerima tunjangan betul-betul merupakan guru yang masih aktif mengajar tetapi statusnya masih guru tidak tetap atau honorer," ujarnya.

Hawari berharap dengan peningkatan tunjangan fungsional tersebut akan meningkatkan kinerja dan kreativitas para guru non-PNS dalam mengajar sehingga peningkatan mutu pendidikan yang diharapkan bisa diwujudkan.

About these ads

10 Tanggapan

  1. Ass.wr.wb.Bp Gubernur yth.Kapan tunjangan fungsional itu akan dicairkan kembali,soalnya kami gtt juga butuh biaya hidup dalam menjalankan ibadah puasa ini,kasihanlah pada kami,kalo pns macam macam uang yang dia terima (kekurangan gaji,gaji 13 dll),apa kami tidak pernah dipikirkan

  2. salman
    mohon ditampilkan daptar penerima tunjang secara detail rinci supaya lita mudah tuk mencari tenks.

  3. aslm. Saya sudah 3thn+ menjadi GTT/guru honorer di salah satu sekolah negeri. Namun sampai sekarang sy belum terdaftar menjadi guru penerima dana tersebut krn prosedur birokrasi pemkab yg sulit bin rumit. Mohon bantuannya pak Gubernur.

  4. Bapak Gubernur, mohon segera mencairkan dana Tunjangan Fungsional bagi guru non PNS. Karena kami sangat membutuhkanny untuk transport sehari-hari selama mengajar. Terima kasih banyak. dan tolong kirimkan Daftar nama yang dapat tunjangan pungsional juga dong….trim @””@>>

  5. kenapa hrs buat rekening baru rekening lama mau di kemanain, maksudnya apa?

  6. Bapak Gubernur, mohon segera mencairkan dana Tunjangan Fungsional bagi guru non PNS. Karena kami sangat membutuhkanny untuk transport sehari-hari selama mengajar. Terima kasih banyak.

  7. kapan keluarnya dana ini pak sudah 4 bulan. ndak ada kita pake beli minyak dan beras. ini

  8. Assalamu’alaiku Warahmatullahi Wabarakatuh,
    Kami dari guru non-pegawai sipil sangat membutuhkan dana untuk biaya transportasi guna untuk menyukseskan pendidikan sesuai dengan visi dan misi pemerintah provinsi NTB yaitu menciptakan peserta didik yang berdaya saing. Sebagai lembaga Sekolah/Madrasah yang baru berdiri (hampir 3 tahun) terakhir ini mendapat tantangan yang sangat berat terutama dalam pemberian honor. Untuk itu, kami sangat berharap kepada pemerintah provinsi NTB untuk lebih diperhatikan, bukan hanya di Sekolah kami tapi di Sekolah lain pun mengalami nasib yang sama. Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
    Wassalamua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

  9. ass.wr.wb. bisa ga bapak2 yang berperan didunia pendidikan sesekali turun meliat kedaan sekolh2 khususnya madrasah2 yang berstatus swasta yang berada dipinggiran n pelosok kota yang keadaanya memprihatinkan, jangan melihat lapor bulan saja………makash….wassalam.

  10. Kasi tau Daftar Nama yang dapat Tunjangan Juga dong terutama wilayah lombok timur.jangan cuma berita doang kan biar seru………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.