Pengumuman Pendaftaran Akademi Militer (AKMIL) TNI AD Tahun 2010

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) membuka kesempatan kepada para pemuda warga negara Indonesia umur antara 18 s/d 22 tahun untuk mendaftar di Akademi Militer TNI AD (Akmil) Tahun 2010.

Adapun agenda penerimaan ini adalah:

  1. Pendaftaran : 1 Pebruari s.d 26 Maret 2010
  2. Pemeriksaan uji tingkat Daerah : 29 Maret s.d 15 Mei 2010 (Psi 17-18 Mei 2010)
  3. Sidang Panitia Daerah : 29 Juni 2010
  4. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : 9 s.d 26 Juli 2010
  5. Sidang Panitia Pusat : 28 Juli 2010
  6. Buka Pendidikan : 2 Agustus 2010

TEMPAT PENDAFTARAN :

  1. Ajen Kodam
  2. Ajen Korem
  3. Kodim

Alamat lengkap tempat Pendaftaran

PERSYARATAN TARUNA AKMIL

1. PERSYARATAN UMUM

  • Warga Negara Republik Indonesia.
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945.
  • .Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 2 Agustus 2010.
  • Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh kepolisian Republik Indonesia.
  • Sehat Jasmani dan rohani.
  • Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

2. PERSYARATAN LAIN

  • Pria, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri
  • Berijazah SMA/MA program IPA atau yang setara, dengan ketentuan NEM/NUAN sebagai berikut :
    1. Lulusan tahun 2005 s.d 2009. Lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 6,5 (dari 10 mata pelajaran) Bagi calon yang menggunakan kacamatan/lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 7,5.
    2. Lulusan tahun 2010 akan ditentukan kemudian.
  • Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama.
  • Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 Cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  • Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
  • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/Wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003).
  • Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 Cm.
  • Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.
    1. Administrasi.
    2. Kesehatan.
    3. Jasmani.
    4. wawancara.
    5. Psikologi.
    6. Akademik.

3.PERSYARATAN TAMBAHAN.

  • Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Depdiknas.
  • Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
  • Bebas Narkoba.
  • Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.

Informasi pengumuman ada disini : www.tniad.mil.id

Informasi Lowongan TNI Lainnya:

About these ads

266 Tanggapan

  1. ass.wr.wb
    law bgi siswa jur ips, bsa ga msuk akmil. .apa harus jurusan ipa ya. .semoga taun 2011 dbuka unt ips..

  2. ass……
    saya ingin masuk akmil
    saya lulusan smk jurusan listrik apakah bisa?
    rincian testnya apa sajakah
    was….

  3. ass……
    saya ingin masuk akmil
    saya lulusan smk jurusan listrik apakah bisa?
    was….

  4. mengapa syarat pendaftaran selalu lulusan dari SMA/MA

    untuk SMK nya mana…????

    pada hal SMK SKILL nya lebih bagus dr yang lain………

    saya jadi anak SMK kok merasa diabaikan ya… mesti yang di perdulikan SMA/MA

    seharusnya SMK jg bole…….

    tolong pendaftaran berikutnya dipikirkan SMKnya..

  5. jika ingin msug akil apakah gigi tidak boleh d cabut tp saya lulusan sma jursan ipa bagaimana ini bsa pa tidak pak.

  6. seleksi berat mengasikkan tetapi belum jadi anggota sudah di goblok2 in… sesama tni si gpp nich masih calon katanya sesama tentara punya kode etik lah kok baru menjadi calon belum tentu lulus jadi peserta calon anggota tni di goblok2in di tempeleng juga… Manusia kah seperti ini… trima kasih… (setidak nya emosi saya bisa di bagikan untuk kebaikan TNI ke depan)

  7. pak apakah lulusan smk bisa masuk akmil?

  8. pak saya ingin masuk akademi militer,tp saya sekolah diSMK,apakah tdak ada harapan bagi anak lulusan SMK akademi militer?

    akankah Harapan saya hilang,hnya KARENA ANAK SMK?

    Bukan saya menyesal masuk SMK

  9. assalamualaikum
    pak saya ingin masuk AKABRI tapi saya punya keluhan masalah gigi saya.apa saya bisa masuk pak dengan masalah tu
    wassalam.wr.wb

  10. om saya anaknya danyon zipur 10/kostrad
    Yg bernama tegar kl ayah saya Letkol Czi anggarsih mashudi

    kata ayah saya ikut akmil menyenangkan
    om doain saya ya supaya menjadi anak yg pinter

    wasalammualaikum

    terima kasih om

  11. pak sy ingin mendaftar akmil tp sy br berusia 17 thun
    di bls pak ya……………….!!!!!!!

  12. asalamualaikum,
    pak saya mau bertaya,kalau jurusan ips bisa gak mendaftar menjadi anggota TNI AD?

  13. ass.

    selamat malam pak.

    pak saya ingin menanyakan persyaratan lengkap seCABA TNI-AD. . .

    terima kasih

  14. Pak apa benar tni ad palembang,biaya pendaftaranya tidak lebih dr 100 jt ya,dan apa bs sy masuk klu gigi saya bolong2/keropos,
    tolong pak solusinya,wr wb.

  15. pak……….sya mhon klw bisa akmil mnerima lulusan ips soalx sya brcita” untk msuk akmil/TNI tpijrusan ips

  16. bgai mna klu kelahiran MALAYSIA,AKATA KELAHIRAN MALAYSIA Tapi warga negara indonesia bsa masuk pak

  17. umur saya 22 bsok desember.pa msh bsa dftar akmil……………..daftar akmil maximal umur brapa………………

  18. Terlambat sudah aku menemukan info ini. harapan tingga tahun depan.

  19. pak gmana ni pak saya pengen sekali masuk tni al tapi saya mempuyai masalah dngn gigi saya
    gigi saya berlobang pak gmana cra ngatasi ya pak dan tinggi badan say cman 163 beat badan man 51 kg
    mhon penmjelsan ya pak

  20. pak kalok dari sma jurusan ips bisa daftar akademi militer gak?

  21. pak apakah ada tes perjaka untuk masuk tni?

  22. kalau gigi berlubang, tpi lubangnya didalam, apa masih ada kesempatan untuk mengabdi pada negara pak ?
    mohon solusinya. . . .

  23. saya memiliki penyakit jantung, kira2 bisa diterima nggak pak?

  24. assalm…
    pak saya mau tanya tahun 2012 nanti akmil membuka untuk lulusan IPS tidak pak,tolong dijawab.trimakasih,wassalam

  25. saya mau bertanya pak,,,,,
    sekarang kan saya mau umur 22 tahun pak,,,,
    apakah saya masih bisa diterima di abri ad pak
    tolong pak beri tahu saya gimana caranya saya bisa masuk abri ad pak ….
    apakah saya harus kuliah dulu,,,????
    baru bisa masuk ……

  26. saya ma brtanya kpada bpak
    bolehkah jurusan bahasa masuk akmil pak
    apa ada kesempatan untuk jurusan bahasa??
    tolong balas ya pak,triamasi atas waktunya pak

  27. saya mau nanya pak, saya ingin mendaftar di AKMIL tapi gigi saya kurang rapi ( renggang). apakah saya masih bisa diterima. tolong jawabanyya. terima kasih.

  28. assalamualaikum…..pak saya ingin bertanya apabila saya mempunyai bekas jatuh di bagian kepala akibat kecelakaan….apa itu bisa manjadi salah satu penghambat saya dalam mengetes nntinya????mohon di tanggapi…
    trimakasih…….wasssalam…

  29. assalamualaikum pak….saya ingin mendaftar sbagi calon taruna…tapi saya menpuyai keluhan yaitu gejala hernia…apa saya bisa mnjdi taruna atau saya harus menyembuhkan penyakit saya trerlebih dahulu…???tolong dijawab.,,
    trimakasih…wasssalam

  30. pak tolong trima saya pak, saya rela mati demi bangsa,, indonesia ubber alles!!

  31. assalamu’alaikum wr.wb
    mf nih pak kalau boleh tahu biaya masuk akmil berapa?trs persyaratannya apa saja…pak apa benar kalau anak lulusan ips itu jurusan secaba?mohon di jawab pak,,,

  32. pak…bri ksempatan anak ips n sarjana,krna saya ykin ips n sarjana jauh lbh brkwalitas dr ipa.

  33. pak TNI yg terhormat brilah ksemptan bwt anak2 ips dan sarjana…..bwt msuk AKMIL,tlonglah pak……kmi siap mengabdi bwt bngsa n negara.

  34. Anak Ips ciap pak !! Kami anak ips byak yg ingin msuk akmil.Mhon bri ksmpatan yg luas pda kami.Kmi akan menjadi yg terbaik,dan berprestrasi !!

  35. pak umur saya masih 17 tahun 10 bulan apakah saya bisa ikut pendaftaran calon taruna akmil,, terus apakah kalau saya punya penyakit varikokel saya tidak bisa di terima jadi calon taruna akmil.. ? mohon di balas dengan segera terima kasih

  36. assalamualaikum, , , ,pak saya sadam muslim ,saya ingin masuk jadi akmil.tinggi badan saya 170cm,saya punya niat pingin masuk akmil biar gimana pun resikonya saya jalani,,akmil adalah cita2 saya. saya siap di didik ole bapak . . . . .

  37. Cerdas dong mau jd anggota TNI. MASA NANYA TINGGI LAGI.

  38. ass,pak aq dri pondok ap aq bsa msuk d akmil???

  39. ass….,
    pak saya mau bertanya apakah bisa gigi saya yg rusuk ini di terimah, untk ikut tes akmil pada thun 2014 nanti..?
    dan klu soal pisik saya mampu dan tinggi saya 173 cm?

  40. Bismillahirrahmanirrahim
    Insya alloh saya bisa diterima di Angkatan Militer Amin.

  41. Bapak yang saya hormati.
    saya mohon berikan kesempatan pada k

  42. assalamualaikm pa?pa saya mu tanya apakah bisa kalaw lulusan smk pelayaran,masuk akmil.makasih pa

  43. pak sejak kecil saya ingan sekali menjadi anggota TNI. saya rela mati demi negara yang saya cintai ini,
    pak saya ikut pendaftaran akmil d palembang,saya inggin bertanya pak kapan di mulai tes akmil di daerah dan di pusat ? terimakasih pak

  44. saya pak bercita-cita sejak dini pingin sekali menjadi anggota akmil, mengabdi pada negara..
    tp pak saya tergolong dari keluaga tak mamapu,
    tp,pak saya bingung klw pingin masuk hrus punya uang yang banyak y pak ??
    m’f sebelumnya pak klw ad kata yang salah..

  45. pak saya ingin sekali menjadi TNI,,
    tpi saya masih bingung dengan persyaratan” yang harus dipenuhi. baek fisik maupun masalah admistrasi..
    saya mohon penjlasannya lebih lanjut ya pak..

    dan saya mau tanya masalah pendaftrannya..
    untuk TNI AD,AU maupun AL..
    (untuk cewek)

    sebelumnya terimah kasih

  46. saya ingin sekali mnjadi TNI dan itu pun cita_cita saya dari kecil , orang tua saya juga setuju.. tapi masalahnya gigi saya kurang rapi dikit 2 yg atas, dan tinggi badan saya 160., gimana pak,bisa kan kterima pa, mohon pak, saya pengen banget menjadi TNI AD ., bisa kan pak kalo di usahain.. sya dari ipa keluaran 2010.

  47. Pak,saya punya masalah dg gigi,kira2 bisa masuk tidak??

  48. kalo IPS gmna pak ?

  49. Begini pak,saya kan mendftar akmil…tapi umur saya belum genap 18 thn apa saya bisa untuk mengikuti pendaftaran dan test-test ny?
    mohon di balas iy pak

  50. sya mau daftar ni pak tapi sya punya masalah dgn gigi sya…..
    dan juga umur saya baru 17 thn lebih 10 bulan bsa g’ pak
    saya tinggal di jambi- sengeti
    orang tua saya menyuruh saya masuk akmil di magelang…..
    kalu saya daftar di terima pak ya……
    tolong pak ya…. alif fiyanto

    saya lulusan smk taruna indonesia jambi
    thn 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.