Pengumuman Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2010

Enam Santri Asal Riau Terima Beasiswa Santri Berprestasi

Pekanbaru, 5/5 (Humas)- Enam Santri asal Provinsi Riau lulus dalam seleksi Calon Penerima Beasiswa Santri Berprestasi yang di taja Oleh Kementerian Agama RI Tahun akademik 2010/2011. Keenam siswa tersebut berhak mengikuti serangkaian perkuliahan di perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pekapontren Kanwil Kemenag Riau Drs H Pandji Ade KhF ketika ditemui diruang kerjanya, Rabu sore (5/5).

Ia menjelaskan pengumuman hasil seleksi penerima program beasiswa santri berprestasi berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Agama Islam tertanggal 29 April 2010 tentang penetapan Peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2010, dan disertai dengan Surat Edaran dari Dirjen Pendidikan Islam tanggal 3 Mei 2010 yang di tujukan kepada seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama seluruh Indoensia. Untuk Riau, enam orang Santri lulus dan berhak mengikuti kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi Indonesia.

Adapun keenam santri asal Riau yang menerima beasiswa berpestasi tahun akademik 2010/2011 yakni, Uswatun Hasanah dari PP Darel Hikmah Pekanbaru, Gong Matua dari PP Modern Al Husna Rokan Hilir, Suci Handayani dari PP Islamic Al Hidayah Pinggir Kampar Timur, Muh Fadhillah Asyari dari PP Babussalam Pekanbaru serta Mardiah Boru Siregar dan M Khairul Fahmi dari PP Teknologi Riau Pekanbaru.

Mereka yang menerima program beasiswa santri berprestasi Kementerian Agama RI tahun 2010 ini akan di kuliahkan sampai selesai berdasarkan penempatan yang telah ditentukan oleh Kemenag RI. Seperti, Santri Uswatun Hasanah ke Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Mardiah Ke UIN Maulana Malik Ibrahim Bandung, Gong Matua ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Suci Handayani ke IAIN Walisongo Semarang, M Khairul Fahmi ke Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, dan Muh Fadhillah Asyari ke Institut Pertanian Bogor.

Kabid Pekapontren kembali menjelaskan sebelum mengikuti kegiatan perkuliahan para santri penerima beasiswa ini diwajibkan mengikuti kegiatan pra Universitas kurang lebih selama 2 bulan, dimulai Juni sampai Agustus 2010. Khusus bagi peserta program yang diterima di UIN Sunan Kalijaga, IAIN Sunan Ampel dan IAIN Walisongo tidak dilaksanakan program martikulasi. Peserta hanya akan mengikuti orientasi selam 10 hari sekitar Agustus 2010.

Terakhir Pandji mengharapkan agar santri yang berhak menerima program beasiswa santri berpestasi tahun 2010 ini dapat mengikuti semua kegiatan perkuliahan dengan baik. Karena semua biaya pendidikan akan dibebaskan termasuk living cost, tunjangan transpor, dan tunjangan organisasi per bulan selama studi di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. sumber: riau.depag.go.id oleh js.

Pengumuman penerimaan peserta program beasiswa santri berprestasi (PBSB) Kementerian Agama RI Tahun 2010

Kebijakan pembangunan pendidikan mencakup tiga aspek yaitu: perluasan akses, peningkatan mutu, dan tata kelola. Perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan Islam mengisyaratkan keseriusan Kementerian Agama RI dalam meningkatkan angka partisipasi masyarakat di dunia pendidikan. Dalam rangka meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi santri berprestasi dan meningkatkan kualitas pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. bermaksud menjaring santri terbaik di kelas III pada Madrasah Aliyah (MA) atau yang sederajat di pondok pesantren untuk mengikuti program pendidikan tinggi melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

PERSYARATAN SELEKSI

  • Tercatat sebagai siswa/i kelas III Madrasah Aliyah (MA) atau yang sederajat di pondok pesantren.
  • Berstatus sebagai santri aktif yang bermukim dan belajar/nyantri di pondok pesantren sekurang-kurangnya selama 2 (dua) tahun.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Pada saat mendaftar berumur tidak lebih dari 20 tahun, terhitung tanggal 13 Maret 2010.
  • Memiliki prestasi yang baik selama pendidikan 5 semester berturut-turut dengan nilai minimal 70 (skala 100) untuk tiap mata pelajaran:
    • Program IPA : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris.
    • Program IPS : Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
    • Program Bahasa : Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Antropologi, Sastra Indonesia dan Bahasa Asing lain.
    • Program Keagamaan : Bahasa Arab, Ilmu Hadist, Ilmu Tafsir, Fiqih, Bahasa Inggris.

f. Diajukan oleh Pimpinan Pondok Pesantren santri yang bersangkutan.

WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN

Pendaftaran dimulai pada tanggal 5 Februari s/d 5 Maret 2010 di Kantor Wilayah Kementerian Agama masing-masing.

MATERI TEST/SELEKSI

  1. Test Bakat Skolastik (TBS)
  2. Test Kemampuan Akademik
  3. Test Kemampuan Bahasa Inggris
  4. Test Kepesantrenan
  5. Test Bahasa Arab

WAKTU DAN TEMPAT SELEKSI

Seleksi dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2010 di 29 Kantor Wilayah Kementerian Agama RI.

PEMBIAYAAN

Kementerian Agama RI akan menanggung komponen pembiayaan sebagai berikut:

  1. Biaya seleksi.
  2. Biaya pendidikan pre-university (matrikulasi/orientasi/bridging program).
  3. Biaya pendidikan (SPP dan Sumbangan Dana Pengembangan Akademik (SDPA).
  4. Bantuan Biaya hidup (living cost).

PERGURUAN TINGGI MITRA

Peserta yang lulus seleksi akan studi pada perguruan tinggi mitra: Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Mataram, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, IAIN Sunan Ampel Surabaya, dan IAIN Walisongo Semarang.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Seleksi Peserta PBSB Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. dengan nomor telepon 021-3811810 atau melalui website pondokpesantren.net.

Jakarta, 3 Februari 2009

  • Direktur Jenderal Pedidikan Islam
  • ttd
  • Prof. Dr. H. Mohammad Ali, MA

Silakan, bagi yang berminat :

  • PENGUMUMAN SELEKSI PBSB 2010.pdf [ pondokpesantren.net/ponpren/images/stories/downloads/PENGUMUMAN SELEKSI PBSB 2010.pdf ]
  • PANDUAN SELEKSI PBSB 2010.pdf [ pondokpesantren.net/ponpren/images/stories/downloads/PANDUAN SELEKSI PBSB 2010.pdf ]
  • FORMULIR PBSB 2010.pdf [ pondokpesantren.net/ponpren/images/stories/downloads/FORMULIR PBSB 2010.pdf ]
2039 SANTRI JATIM IKUTI SELEKSI CALON PESERTA PROGRAM BEASISWA SANTRI BERPRESTASI (PBSB)

Surabaya, 13/03 (Humas) Asrama Haji yang biasanya di musim haji dipenuhi oleh calon jamaah haji, hari ini (13/03) dipenuhi oleh para santri dari seluruh penjuru Jawa Timur yang sedang mengikuti seleksi calon peserta program beasiswa santri berprestasi tahun 2010.

Menurut Kepala Bidang Pekapontren Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur Drs. H. Nazli, M.Si sebenarnya kuota peserta untuk Jawa Timur hanya 1510 santri, tapi setelah diusulkan ke Kementerian Agama Pusat, akhirnya seluruh pendaftar yang memenuhi persyaratan diterima 100 %.

Seluruh pendaftar berjumlah 2050 santri, hanya saja 11 santri yang daftar ke ITB tes seleksinya dilakukan secara mandiri melalui USM-ITB (Ujian Saring Masuk ITB), sehingga yang mengikuti tes seleksi di Asrama Haji Sukolilo Surabaya berjumlah 2039 santri, mereka disebar di 6 tempat yaitu hall zaitun, hall mina, hall A, hall B, hall D dan hall G.

2039 santri tersebut bersaing juga dengan peserta lain di luar Jawa Timur di seluruh Indonesia yang jumlah keseluruhannya lebih dari 6000 santri, mereka merebutkan 485 kuota peserta PBSB tahun 2010 yang tersebar di 12 perguruan tinggi, dengan rincian 40 di IAIN Sunan Ampel Surabaya, 40 di IAIN Walisongo Semarang, 40 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 60 di IPB, 60 di ITS, 45 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 80 di UGM, 50 di UNAIR, 10 di ITB, 30 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 10 di UNRAM dan 20 di UPI Bandung.

Materi yang diujikan adalah tes bakat skolastik, tes kemampuan akademik, tes bahasa Inggris, tes kepesantrenan (bagi yang memilih program studi umum) dan tas bahasa Arab (bagi yang memilih program studi keagamaan), dan bagi peserta yang mendaftar ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ditambah tes wawancara dengan materi hafalan Al-Qur-an 10 juz yang menurut jadwal akan dilaksanakan 14 Maret 2010 pukul 08.00 WIB di Hall D.

Mantan Direktur PD Pontren Drs. H. Amin Haidari, M.Pd sang pencetus PBSB tampak hadir juga di Asrama Haji, guna melihat langsung pelaksanaan tes seleksi calon peserta program beasiswa santri berprestasi tahun 2010. Tes baru berakhir sekitar pukul 17.00 WIB, para peserta mulai semburat dan beransur-ansur pulang meninggalkan Asrama Haji. (shi)

Sumber: jatim.depag.go.id oleh H N Y Shirotol Mustaqim MA

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CALON PESERTA PBSB 2010

Berdasarkan pengumuman bernomor: Kw.11.5/3/PP.00/1868 A /2010 dari jateng.depag.go.id, tentang hasil seleksi administrasi yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti test Seleksi Calon Peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2010 sebagaimana daftar terlampir.

  • Tes Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi akan dilaksanakan pada :
  • Hari/tanggal : Sabtu 13 Maret 2010
  • Waktu : Jam 07.00 s.d 15.45 WIB
  • Tempat : Aula I Kampus I IAIN Walisongo Jl. Walisongo 3-5
  • Jrakah, Tugu, Semarang

Khusus bagi peserta yang memilih studi di UIN maulana Malik Ibrahim Malang test wawancara dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 14 Maret 2010 jam 08.00 WIB s.d selesai.

Pengambilan Kartu Test tanggal 10 Maret 2010 di Bidang Pekapontren Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi jawa Tengah Jl. Sisingamangaraja No 5 Semarang pada jam kerja dengan membawa bukti pendaftaran dan bukti finalisasi entry data.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Seleksi Peserta PBSB Bidang Pekapontren Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dengan nomor telepon 024 8412547 no pesawat 107 atau di buka jateng.depag.go.id pilih Download.

Semarang, 9 Maret 2010

Sumber: jateng.depag.go.id ditulis oleh : alja

About these ads

124 Tanggapan

  1. PAK,,,Apakah setelah kita dapat beasiswa pbsb,,,lalu kita harus mengabdi di pondok asal selama 4 tahun?

  2. untuk 2012 bisa pa ngak ?????????? angkatan 2011 universitas uin maliki malang

  3. kPn Pngmumn x………….?????????

  4. kpn d’Umumkn……… klamaan

  5. kapan pengumuman pbsb 2011

  6. Assalamualaikum,,,,pak kapan pengumuman hasil seleksi pbsbnya?

  7. Ass….
    Kalau boleh tau kapan Pak hasil pengumuman PBSB nya?

    Atas perhatiannya
    Sukron…….

  8. Ass. Apa ada penerimaan beasiswa santri S1 yang berprestasi tahun 2011/2012..?

  9. oooyaaaa,,,,, msh da satu madrasah diniyyah yg blum dkasih undangan untuk ikut PBSB. Yaitu ma-din “NAHDLOTUL MUBTADIIN yg terletak di desa NGUMPAK DALEM kec DANDER kab BOJONEGORO. tolong tahun depan madrasah tersebut diundang, karena santri2nya tidak kalah juga ilmu umumnya dg anak2 yg skolah di umum.
    undangannya amat sangat kami tunggu.

  10. assalamu’alaikum wr, wb……
    Bpk/ ibu yg mnjadi panitia PBSB, tlong koutanya ditambah lbih banyak lagi, dari tahun dulu. Soalnya jumlah peminatnya lebih banyak dibanding tahun depan. Semoga permintaan teman-teman ini dikabulkan.
    wassalamu’alaikum wr, wb…….

  11. apabila sekolah madrasah aliyah kita tidak satu yayasan dengan pondok apakah bisa mendapatkanbeasiswa dari depag?

  12. Tolong Pondok salaf Seperti PP Robithotul Ulum Jatirejo Kab Mojokerto juga di beri Informasi ketika ada kesempatan untuk mendaftar.

  13. Untuk Lombok ada gak gan..??

  14. wah saya juga mau ikut tapi kalau bisa ..:-D

  15. apakah masih ada kesempatan tahun depan bagi peserta pbsb yang tidk lulus masuk pbsb tahun ini…

    terima kasih

  16. kok malah jadi bingung semua ya …?

  17. kapan pengumumannya………??????????

  18. saya bangga mskipun saya tdk lollos ke UgM

  19. saya punya temen ikut program ini tapi dia cari2 di internet gak ketemu tolong!

  20. terimakasih

  21. terima kasih

  22. kan yach hasil pengguman pbsb untuk wilayah papua

  23. kapan pengumuman itb ????????????????????

  24. assalamualaikum.wr.wb
    bapak ibu segenap dewan panitia pbsb2010 maaf sblmnya mohon saya dikasih tahu alamat cara mencari hasil pbsb 2010.
    trimakasih
    wassalamualaikum

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.