2011, Asyiknya Gaji Guru SLB Paling Kecil Rp4 Juta

Info Gaji (scBS) • Wah! Kabar gembira bagi guru Sekolah Luar Biasa atau SLB. Bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan meningkatkan gaji para pendidik ini menjadi Rp4 juta mulai tahun 2011. Hal ini disebabkan, untuk menjadi guru SLB memerlukan keahlian khusus.

Seperti ditulis dari koran SI dan di kutip okezone edisi 23/02/2010, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh, mengatakan jumlah Rp4 juta tersebut diperkirakan akan lebih karena belum termasuk insentif dan tunjangan kesejahteraan lainnya.

Dalam peresmian SLB Pangeran Cakra Buana dan SLB Taruna Mandiri di Kuningan, Jawa Barat, kemarin, Nuh tidak menjelaskan secara rinci berapa anggaran serta insentif seperti apa yang akan diberikan kepada guru SLB. Namun dirinya memastikan, semua guru SLB akan dinaikkan gajinya pada 2011 nanti.

“Sebagai contoh Provinsi Jawa Barat yang memberikan tunjangan Rp2,3 juta sampai Rp4 juta bagi guru SLB. Provinsi lain pun harus mengikutinya,” kata Nuh, Senin (22/2/2010).

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) ini menambahkan, Indonesia masih kekurangan guru SLB. Saat ini jumlahnya masih 1:4 padahal jumlah idealnya 1:2 atau 1:3.

Mengenai Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Nuh menegaskan bahwa para siswa luar biasa akan menerima bantuan lebih dibandingkan dengan siswa normal. Selain itu anggaran BOS SLB mengalami kenaikan untuk jumlah penerimanya. Tidak hanya jumlah uang, namun penerimanya juga mengalami kenaikan.

Dirjen Pendidikan SLB (PSLB) Kemendiknas, Eko Jatmiko pendidikan SLB memang menjadi urutan kedua dalam prioritas program 2010 Kemendiknas. Ini berlandaskan Pasal 5 Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003 dan Pasal 48-53 Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002.

Jumlah siswa berkecerdasan khusus untuk tingkat SD mencapai 1.401 pada

66 lembaga. Untuk tingkat SMA sebanyak 3.935 siswa dengan 123 lembaga pendidikan. MTs mencapai 97 siswa di tiga lembaga pendidikan, SMA mencapai 3.859 siswa di 119 lembaga dan di MA 259 siswa di tujuh lembaga. “Totalnya mencapai 9.551 siswa dan 318 lembaga pendidikan,” sebut dia. (kredit artikel: Neneng Zubaidah/Koran SI/ton/okezone)

Informasi Terkait Gaji:

About these ads

15 Tanggapan

  1. gmn nasib gtt plb ya

  2. cuma khayalan,wacana..semata berita inii_gmna caranyara guru slb jadi pegawai sipembuat wacana

  3. mudah-mudahan wacana meningkatkan gaji guru slb menjadi 4 juta itu bukan hanya wacana saja tapi benar – benar dilaksanakan.

  4. alhamdulillah atuh,,sayah guru SLB di daerah terpencil ikut senang,,

  5. saya ingin jadi guru SLB
    meskipun gt saya mau hidup saya ini berguna untuk orang lain bisa membantu orang lain,,
    semoga terwujud

  6. aku ingin jadi guru SLB
    meskipun kyk gt aku ingin hidup ku ini bisa untuk membantu sesama yang membutuhkan..

  7. aminnn…semoga tidak hanya wacana. ayo guru2 slb,meskipun ada yang memandang setengah mata profesi kita, namun kita juga bisa berkarya:)

  8. Alhamdulillah semoga tidak hanya menjadi wacana…..tapi diharapkan juga tetap menjaga keprofesionalannya dalam mengajar…..

  9. Semoga program ini bisa terlaksana, tidak sekedar program ya bang? Saya datang dari Gugel je.

  10. maknya di himbau buat mahasiswa PLB UNJ
    jangn pesimis dulu sebelum kita meraihnya
    karena dibalik jiwa yang mempunyai tekad untuk memberikan kontribusi yang tinggi terhdp anak2 brkbutuhan khusus akan banyak hikmah yang di petiknya…
    cahyooooo mahasiswa PLB

  11. yah itu yang udah jadi pns,,,,yang honorer,,,ya mapuun jauh dari umr

  12. asyik tuh untuk guru yang udah jadi pns….
    kapan yah saya jadi pns… hehehe

  13. amien,semoga itu tidak hanya sekedar janji ya bapak! ibarat dokter,guru SLB adalah dokter spesialis. tapi,guru SLB juga harus tetap mengembangkan inovasi-inovasi dalam pembelajarannya ya!!

  14. Untuk guru SMP ada kabar baik nggak pak? :roll: :lol:

  15. Wahhh… asik nich guru SLB… tapi mereka memang layak untuk mendapatkannya, soalnya guru SLB memerlukan keahlian khusus…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 64 pengikut lainnya.