Bandara Internasional Lombok (BIL) Jalani Pengkajian dan Uji Kelayakan

SCBS Lombok: — Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) yang baru dibangun di Dusun Slanglit Desa Tanak Awu Kabupaten Lombok Tengah saat ini sedang dilakukan pengkajian dan uji kelayakan oleh Kementerian Perhubungan BIL menurut rencana akan dijadikan sebagai pengganti Bandar Udara Selaparang di Mataram.

BIL dipilih karena dinilai bebas dari kendala perputaran pesawat yang memerlukan manuver untuk pendaratan. Bandara ini kemungkinan akan menjadi bandara alternatif ketiga di Indonesia setelah Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng dan Bandara Ngurah Rai di Denpasar untuk penerbangan internasional pesawat Airbus seri A 380. Bandara Selaparang di Mataram di lahan 70 hektar hanya memiliki panjang landasan 2.100 meter lebar 40 meter tidak dapat diperpanjang lagi. Ada kendala perputaran pesawat  karena sekitarnya ada bukit.

Pembangunan landas pacu BIL semula direncanakan 2.500 meter dan konstruksinya sudah selesai, diperpanjang 250 meter. Nantinya agar bisa didarati pesawat berbadan lebar B 747 terbatas sebelum diperpanjang landasannya menjadi 3.500 meter. Peningkatan panjang landasan tersebut untuk mengantisipasi peningkatan penerbangan setelah kehadiran investor membangun kawasan wisata Mandalika di selatan Lombok Tengah.

BIL diperhitungkan mampu melayani dua juta orang penumpang pada tahun pertama, 2010 dan hingga 2015 mencapai 2,4 juta orang. Kalau sebelumnya dibangun untuk bisa didarati pesawat hingga type Boing 737-400 akan dapat menampung pesawat Boing 767, Airbus 320, MD 11 dan Boing 747-400.

Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi Nusa Tenggara Barat (NTB) Ahmad Baharuddin menjelaskan adanya pengkajian dan uji kelayakan BIL tersebut, Sabtu (24/4-2010) pagi. ‘’Kegiatan ini agar bisa segera dilakukan operasionalnya,’’ kata Baharuddin.

Saat ini, menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pembangunan NTB Rosyadi Sayuti, penyelesaian pembangunan konstruksinya sudah mencapai 98 persen. ‘’Sedang dalam tahap penyelesaian akhir,’’ ujarnya.

Lokasi BIL di atas lahan seluas 595 hektar, biaya pembangunannya semula direncanakan Rp665 miliar bertambah menjadi Rp802 miliar. Ditanggung bersama oleh PT Angkasa Pura I Persero, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sebesar Rp802 miliar. AP I menanggung Rp652 miliar untuk landas pacu, fasilitas operasional dan keselamatan penerbangan serta bangunan lain. Pemprov NTB menyiapkan Rp110 miliar guna membangun taxiway, apron dan fasilitas penunjangnya. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sebesar Rp40 miliar untuk areal parkir, jalan lingkungan dan fasilitas penunjang.

Direncanakan, peresmian BIL sedang dijadwalkan bisa dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Juli 2010 mendatang. Kemungkinan bersamaan dengan dilakukannya ground breaking proyek wisata Mandalika Resort seluas 1.250 hektar di selatan Lombok Tengah. Sedangkan operasional BIL dimulai Oktober 2010

==> Beautiful unique Lombok island – West Nusa Tenggara (NTB) information center: news, weathers, current events, hotels accommodation list, lombok trecking, lombok travels, lombok sightseeng. Temukan informasi menarik seputaran Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia..

About these ads

9 Tanggapan

  1. maaf sebelumnya saya hanya orang asing bagi situs ini
    dimana mana untuk meningkatkan keamanan prioritas wilayah yang sudah di masuki perusahaan adalah mengutamakan putra daerah.sebagai badan operasional perusahaan,,karna secara tidak terungkap menghargai tuan rumah merupakan suatu adaptor yang bisa melindungi dari rasa ketidaknyamanan dalam mengembangkan perusahaan..namun tidak baik juga apa bila BOP 100% dari putra daerah.
    tidak perlu banya teori yang penting mainkan strategi…
    jika ada sependapat dengan saya…salam sukses dari saya CATUR.
    jika tidak………….
    saya juga tidak mungkin masuk ke BIL karna saya bukan orang pintar.

  2. setuju…………………

  3. saya indra harsono lulusan smk jurusan teknik komputer dan jaringan sangat membutuhkan pekerjaan kalo ada lowongan tlng hubungi saya di 087763454051

  4. oh ya lok boleh saya tau dimna tempat skolah untuk persiapan masuk kerja di BIL.dan apa persaratan sekolah dalam jangka waktu 4 bulan tsbt

  5. PUTRA DAERAH NGANGGUR,,,,,,,,
    KEAMAAN TAKKAN TERATUR.

  6. asslm, tolong info alamat bagian pengadaan BIL yah..,soalnya saya mau menawarkan produk perusahaan saya. terima kasih.

  7. saya berharap apa yang di ucapkan oleh pak gubernur NTB bahwa yang di prioritaskan adalah putra daerah…itu kenyataan…saya salah satu masarakat yang tinggal di sekitar bandara tersebut..saat ini saya lagi kuliah di .S1.di bidang manajemen transportasi udara..namun dalam kuliah saya ini tidak saya dapatkan lisensi…saya disini belajar ilmu tentang bandara.baik itu dari sisi darat udara,,lahan,t landasan dan segala macam..ilmu yang menyangkut dalam maupun luarnya bandara…saya berharap kepada pemerintah daerah supaya..bisa menjalankan suatu program,,atau sejenis training.yang dibiayai oleh bandara tersebut untuk mendapatkan lisensi tersebut…bagi putra2 daerah yg mempunyai kondisi seperti saya saat ini.kalau memang itu satu satunya sarat untuk bisa bekerja di BIL walaupun sudah punya gelar sarjana sekalipun…semoga ini bisa di tangngapi….terimakasih…..!

  8. Saya sangatzzz setuju dengan komentar saudara LALU GUNAWAN semoga BIL disegerakan di uji namun lagi-lagi agak prihatin bila terus menerus terkendala dengan rusuh warga sekitar.

    Sebetulnya saya sangat setuju pula bila warga sekitar di prioritaskan namun ada baiknya juga mereka harus mempertimbangkan bahwa karyawan BIL tentunya memiliki persyaratan diantaranya:
    1. Memiliki kecakapan bahasa inggris aktif
    2. Minimal bisa mengoperasikan komputer program windows 2003 dan 2007 dengan lancar
    3. Petugas lapangan (satfam/pemadam kebakaran/operation) setidak-tidaknya memiliki postur tinggi dan berat badan yang standar kebandaraan
    4. Memiliki SIM kebendaraan yang didapat setelah sekolah di surabaya atau jakarta. “FO Lisense” yang saya terima setelah saya lulus sekolah dibagian kebendaraan di Surabaya selama setahun menghabiskan dana pribadi saya sekitar 27 juta Rupiah. Dan itu yang paling murah dan saya ambil. SIM/FO Lisence harus dimiliki bagi setiap petugas/karyawan bandara. Jika tidak memiliki dan suatu ketika ada INSPEKSI MENDADAK DARI LUAR NEGERI maka bagi yang kedapatan tidak memiliki izin serta tidak layak persyaratan diatas maka kemungkinan besar karyawan itu akan mendapat sanksi mulai dari teguran, pidana hingga perdata.

    Semoga Warga BIL secepatnya sadar bila hendak memaksakan menjadi karyawan BIL setidaknya melengkapi diri dengan point persyaratan diatas.

    Mengenai LAHAN PARKIR SEMUANYA ATAU DIATAS 50% DIKELOLA WARGA SETEMPAT,,,MAKA SAYA HENDAK MENYAMPAIKAN BELA SUNGKAWA BAGI PERUSAHAAN SWASTA YANG SUDAH MENGINVESTASIKAN MODAL HINGGA 8.5 MILYAR. Mana mungkin pihak Angakasa Pura akan memenangkan pihak PEMDA Setempat yang hendak menguasai lahan parkir bila investasi yang diberikan pemda kurang dari 100 juta rupiah??? Bila Pemda masih ingin memiliki lahan maka setidaknya menginvestasikan setidaknya 1/4 atau maksimal 1/2 dari modal yang sudah disetorkan pihak swasta sebelumya. Atau bila PEMDA MEMANG INI MEMILIKI DIATAS 50% AREA PARKIR MAKA HARUS LEBIH DARI 8.5 MILYAR MEMBERIKAN MODALNYA.

    Semoga PEMDA bisa berpikir jernih untuk tidak selalu mengangkat kepermukaan isu diskriminasi namun tidak mau sedikit mengorbankan APBDnya dalam kegiatan BIL ini. Silahkan bandingkan dengan BALI berapa perusahaan swasta yang join venture untuk bandara internasional BALI???

    Kalo pemda tetap modal dengkul maka saya sangat setuju bila proposal BIL dipindah saja ke SUMBAWA. Menurut saya SUMBAWA PASTI TAK AKAN MENOLAK BILA LAHANNYA DIBUAT BANDARA TANDINGAN. DAN BIL DI LOMBOK GAGAL DIRAMPUNGKAN…!!!!

    SILAHKAN PEMDA PIKIRKAN……

    Maaf bila saya terlalu pedes lombok menjelaskannya Sebabnya sudah lebih dari 4 tahun BIL terkendala masalah klasik seperti diatas saya sebutkan…

    Terimakasih

  9. mudah-mudahan uji coba bil disegerakan, dan untuk penerbangan yang pertama penumpangnya gratis, , ,!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.