Waspadai Puncak Hujan Badai di Lombok

Puncak hujan disertai angin kencang di Lombok biasanya terjadi pada bulan Januari. Hal ini terungkap dari data presipitasi reanalysis NCEP/NCAR.

Data iklim ini sesuai dengan kebijakan penutupan pendakian gunung Rinjani oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yakni sejak bulan November hingga Februari.

Demikian dipaparkan Haries Satyawardhana, Peneliti Sains Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), pada Rabu (27/6) di Hotel Lombok Garden dalam diseminasi penelitian Pengaruh Iklim terhadap Pariwisata.

Hujan maksimum yang terjadi pada bulan Januari mencapai 250 milimeter. Sementara angin pada bulan Januari didominasi oleh angin barat terkuat yakni rata-rata sekitar 5 meter/detik.

Sebaliknya, curah hujan terendah di Lombok terjadi pada bulan Agustus yaitu sekitar 10 milimeter. Pada bulan Agustus, angin timur bertiup paling kuat yaitu rata-rata sekitar 3 meter/detik.

Oleh karena itu, Haries menambahkan, para wisatawan di Lombok perlu mewaspadai terjadinya hujan deras disertai badai yang berdasarkan klimatologis akan sering terjadi pada bulan Januari.

Hujan Meningkat

Dia menuturkan, berdasarkan data 30 tahun terakhir, hujan di Lombok meningkat tajam selama tiga tahun terakhir (2009-2011).

Oleh karena itu, jelas Haries, kondisi ini perlu diketahui sekaligus diwaspadai oleh para wisatawan. Kecenderungannya, hujan terus meningkat hingga mencapai lebih dari 350 milimeter pada 2011.

Suhu dan Kelembapan Meningkat

Selain itu, data juga menunjukkan selama 30 tahun terakhir terjadi peningkatan suhu dan kelembapan udara di Lombok.

Perubahan suhu paling besar terjadi pada bulan Oktober, suhu udara bertambah dari semula 26.2 menjadi 27.5 derajat Celcius. Sementara, kelembapan udara paling banyak terjadi pada bulan April, dari semula 78 menjadi 80 persen. “Namun perubahan suhu dan kelembapan ini belum begitu berpengaruh pada kenyamanan berpariwisata,” jelas Haries.

Sementara, berdasarkan data klimatologis, kelembapan udara paling tinggi biasanya terjadi pada bulan Juni dengan nilai lebih dari 80 persen.

—Sumber Press Rilis dari:
Atmospheric Modeling Division
Center for Sains and Technology of Atmosphere
National of Aeronautics and Space (LAPAN)

About these ads

Satu Tanggapan

  1. CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    – Tes untuk ujian saringan masuk CPNS dan BUMN
    – Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    – MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).

    Note:
    – Biaya Belajar di Bayar di Muka
    – ± 80% peserta pelatihan Lulus tes S2,CPNS/BUMN di seluruh Indonesia
    (terbukti)

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.