Wisatawan Perlu Tahu Bahaya UV

Pancaran Ultra-Violet (UV) perlu menjadi perhatian dalam kegiatan wisata pantai dan gunung yang banyak terdapat di Lombok. Hal ini karena kedua lokasi tersebut lebih rawan terhadap bahaya paparan UV.

Demikian disampaikan Peneliti Sains Atmosfer LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), Sumaryati, dalam diseminasi penelitian Pengaruh Iklim terhadap Pariwisata, Rabu (27/6), di Hotel Lombok Garden.

Lebih lanjut dia menjelaskan, salah satu cara efektif untuk melindungi wisatawan dari sengatan UV yaitu memakai topi dan meluluri bagian kulit terbuka dengan krim pelindung matahari (sunblock).

Sayangnya, banyak wisatawan lupa mengoleskan sunblock sebab acapkali teriknya UV tersamarkan oleh rendahnya suhu di pegunungan dan segarnya hembusan angin laut.

“Padahal, UV yang tinggi bisa membuat kulit terbakar, katarak mata, bahkan kanker kulit,” urai Sumaryati.

Tingkat Bahaya UV

Agar dapat mewaspadai radiasi UV, dia menambahkan, wisatawan perlu mengetahui tingkat bahaya radiasi UV di suatu lokasi wisata. “Tingkat bahaya UV ini bisa diketahui dari indeks UV,” ujarnya.

Indeks UV tersebut berisi tentang tingkat bahaya radiasi UV dari level aman hingga ekstrem. Aman menunjukkan bahwa pancaran UV tidak berbahaya bagi kulit. “Bahkan baik bagi kesehatan tulang,” tambahnya.

Sementara, pada level sedang hingga ekstrem, pancaran UV memiliki resiko yang bervariasi jika terkena kulit secara langsung tanpa pelindung.

Menurut Sumaryati, di Lombok, bulan yang teraman dari UV ekstrem adalah Juni. Sementara bulan April, Mei, Juli, Agustus wilayah Lombok juga relatif aman dari UV ekstrem.

Sementara itu, untuk memperoleh informasi mengenai indeks UV harian, kita bisa mengukurnya menggunakan AWS (Automatic Weather Station). Pengukuran indeks UV perlu dilakukan secara terus menerus dan hasilnya perlu diketahui oleh para pelaku dan pengunjung wisata.


Sumber Press Rilis dari:
Atmospheric Modeling Division
Center for Sains and Technology of Atmosphere
National of Aeronautics and Space (LAPAN)
Indonesia

Satu Tanggapan

  1. CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    – Tes untuk ujian saringan masuk CPNS dan BUMN
    – Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    – MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).

    Note:
    – Biaya Belajar di Bayar di Muka
    – ± 80% peserta pelatihan Lulus tes S2,CPNS/BUMN di seluruh Indonesia
    (terbukti)

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.