Peneliti Rekomendasikan Model Atmosfer untuk Pariwisata Lombok

Para peneliti LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) merekomendasikan penggunaan model atmosfer untuk memperkuat pariwisata Lombok

Hal ini karena model atmosfer mampu memetakan keadaan cuaca dan iklim di Lombok dalam skala yang lebih luas dan lebih jelas.

Pesan ini terungkap dalam diseminasi penelitian dengan tema Model Atmosfer Mendukung Pariwisata Lombok, 24 Juli, di Gedung Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Mataram.

Model atmosfer dibangun dari serangkaian persamaan matematika dan fisika yang dhitung dengan bantuan komputer. Dinamakan model atmosfer karena model tersebut dapat mensimulasikan atau menggambarkan keadaan yang terjadi di atmosfer seperti hujan, angin, suhu, kelembapan.

“Dan parameter atmosfer lain yang biasanya kita sebut dengan cuaca,” tambah Nurzaman Adikusumah, peneliti sains atmosfer LAPAN.

Model atmosfer Darlam yang digunakan di LAPAN, dapat menggambarkan keadaan iklim di Nusa Tenggara Barat hingga resolusi atau ketajaman skala 44 kilometer. “Atau setara dengan luas Kabupaten di Lombok,” ujarnya.

Namun, hasil yang dikeluarkan dari model Darlam untuk resolusi 44 kilometer tersebut belum bisa menggambarkan keadaan di atmosfer yang sebenarnya. Menurut Nurzaman, dukungan model atmosfer di bidang pariwisata di antaranya dengan cara mempertimbangkan informasi hasil model Darlam dalam penyusunan kalender wisata tahunan. “Sebab, model tersebut bisa mengeluarkan prediksi bulanan hingga satu tahun ke depan,” jelas Nurzaman.

Sementara, menurut Dadang Subarna, model atmosfer WRF dapat menggambarkan cuaca hingga 5 kilometer atau yang lebih kecil dari luas kecamatan.

“Prediksi yang dihasilkan pun bisa sampai jam jam-an,” tambah Dadang. Informasi ini, tuturnya, sangat berguna untuk mendukung keberlangsungan suatu kegiatan wisata outdoor.

“Jadi, bisa meningkatkan daya jual suatu kawasan wisata,” ujar Dadang.

Sumber press rilis:
Atmospheric Modeling Division
Center for Sains and Technology of Atmosphere
National of Aeronautics and Space (LAPAN)
Indonesia

Satu Tanggapan

  1. Sebagai orang Lombok, saya sll berharap agar pariwisata lombok trus maju dan menjadi yg terdepan
    salam kenal meton dr kanak dusun Narmada

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.