Gempa 8,0 Skala Richter Goyang Kepulauan Solomon

Gempa bumi berkekuatan 8,0 skala Richter mengguncang wilayah Kepulauan Solomon menghasilkan gelombang tsunami dan merusak lusinan rumah, Rabu (6/2).

Survei Geologi AS mengatakan pusat gempa terjadi sekitar 81 kilometer di sebelah barat Lata, pada kedalaman 5,8 kilometer.

Pihak berwenang setempat di Kepulauan Solomon melaporkan gelombang setinggi 1,5 meter menghantam sisi barat Pulau Santa Cruz, dan merusak sekitar 50 rumah dan sarana penting lainnya. Sejauh ini, belum ada laporan korban luka atau tewas. Penduduk setempat berlomba menuju tempat yang lebih tinggi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Bencana serupa terjadi pada April 2007 dimana gempa berkekuatan 8,1 skala Richter melanda Kepulauan Solomon Barat, menghasilkan gelombang laut dan menghantam desa-desa di pesisir pantainya. Waktu itu lebih dari 50 orang tewas dan ribuan jiwa kehilangan rumah.

Solomon terdiri lebih dari 200 pulau dengan penduduk sekitar 552.000 jiwa. Kepulauan ini terletak di sepanjang zona gempa vulkanik yang membentang di sekitar lingkar Pasifik, di mana sekitar 90 persen gempa dunia terjadi.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.